Think pair share in improving students' speaking skill / Nisrina Fadhilatur Rifdah - Repositori Universitas Negeri Malang

Think pair share in improving students' speaking skill / Nisrina Fadhilatur Rifdah

Rifdah, Nisrina Fadhilatur (2020) Think pair share in improving students' speaking skill / Nisrina Fadhilatur Rifdah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rifdah Nisrina Fadhilatur. 2020. Think Pair Share in Improving Students rsquo Speaking Skill. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Furaidah M.A. (II) Dra. Nunung Suryati M.Ed. Ph.D Kata kunci Analisis meta penelitian meta kemampuan berbicara think pair share Kemampuan berbicara adalah salah satu aspek penting yang harus dipelajari oleh siswa dalam menguasai Bahasa Inggris dengan baik. Banyak siswa yang tidak bisa menikmati proses belajar mengajar di dalam kelas karena mereka lebih banyak merasa takut daripada menyukai pembelajaran bahasa Inggris. Ada beberapa hal yang bisa menjadi sebab yaitu ketakutan untuk membuat kesalahan dalam berbicara Bahasa Inggris dan kurangnya rasa percaya diri. Karena pentingnya kemampuan berbicara dalam pembelajaran bahasa Inggris penelitian tentang kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris sangat berguna dan diharapkan dapat menjadi referensi untuk para guru dalam mengajar kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris dengan menggunakan teknik yang lebih menarik dan atraktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa seberapa efektif pengaplikasian Think Pair Share dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa berdasarkan penelitian-penelitian yang telah dilakukan. Penelitian ini berfokus pada jurnal-jurnal yang telah dipublikasikan pada rentang waktu 2010-2020 pada Think Pair Share dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan metode penelitian dan tingkat pendidikan yang sama. Teknik Think Pair Share adalah salah satu dari pembelajaran kooperatif yang bisa digunakan dalam mengajar bahasa Inggris khususnya kemampuan berbicara. Metode ini membantu siswa untuk melatih kemampuan berbicara dengan tiga tahapan thinking pairing dan sharing. Thinking adalah tahapan dimana siswa diharuskan untuk memikirkan jawaban dari pertanyaan yang diberikan guru secara individu. Pairing adalah disaat siswa diminta untuk berpasangan dan berdiskusi dengan partner mereka tentang jawaban individu mereka. Sharing adalah disaat siswa mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Meta. Analisis meta terdiri dari lima tahapan 1)menentukan rumusan masalah 2)proses pengumpulan data 3)pengkodean data 4)penganalisaan data 5)penyimpulan hasil penelitian. Berdasarkan hasil dari penelitian analisis meta yang telah dilakukan terhadap beberapa penelitian terdahulu peneliti menemukan bahwa Think Pair Share adalah teknik yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan nilai effect size 0.735 yang dikategorikan sebagai efek besar. Ini membuktikan bahwa Think Pair Share efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa berdasarkan effect size. Siswa bisa menjadi lebih aktif selama proses pembelajaran menggunakan teknik ini. Poin-poin diatas dapat dijadikan sebagai referensi bagi para guru supaya bisa menggunakan metode yang lebih baik dalam mengajar kemampuan berbicara siswa di dalam kelas bisa diimplementasikan dalam proses pembelajaran yang bisa menghasilkan hasil pembelajaran yang lebih baik di masa depan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193805

Actions (login required)

View Item View Item