Developing listening materials to teach simple past and present perfect for multimedia major student / Erli Wahyuningtiyas Sudarmiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing listening materials to teach simple past and present perfect for multimedia major student / Erli Wahyuningtiyas Sudarmiati

Sudarmiati, Erli Wahyuningtiyas (2020) Developing listening materials to teach simple past and present perfect for multimedia major student / Erli Wahyuningtiyas Sudarmiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah menengah kejuruan (SMK) bertujuan untuk menyiapkan lulusannya menjadi tenaga kerja profesional dan siap berkontribusi di masyarakat. Para pelajar dikategorikan berdasarkan pilihan bidang kerja peminatan yang mana hal ini membuat keseluruhan materi pembelajaran harus disesuaikan dengan jurusan siswa. Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib yang diajarkan di SMK telah diadaptasi berdasarkan kebutuhan siswa yang selaras dengan jurusan akademik. Seluruh empat kemampuan berbahasa yakni menyimak berbicara membaca dan mengarang haruslah diberikan secara merata guna mendapat pencapaian pembelajaran yang memuaskan. Tetapi kegiatan menyimak sering kali diabaikan dan ketersediaan bahan ajar yang berkaitan dengan jurusan siswa masih belum tercukupi.Berdasarkan fakta dilapangan kebutuhan akan materi menyimak yang terdiri dari buku siswa dan rekaman yang dikembangkan sesuai dengan jurusan siswa dan berbasis pada penelitian sangatlah dibutuhkan Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi untuk kegiatan menyimak yang dilengkapi dengan buku kerja siswa rekaman suara dan buku guru. Materi yang dikembangkan diasosiasikan dengan jurusan siswa yakni multimedia. Kebutuhan akan buku kerja siswa yang berorientasi pada jurusan akademik masih sangat dibutuhkan terutama untuk pembelajaran Bahasa Inggris di SMK yang menggunakan konsep Bahasa Inggris kejuruan. Tujuan dari diadakannya Bahasa Inggris kejuruan adalah untuk menyiapkan siswa akan materi dan topik yang berkaitan dengan lingkup kerja di masa depan dengan memberikan pengajaran yang menggunakan materi dan topik yang berkaitan dengan jurusan siswa. Namun tidak semua SMK menerapkan pengajaran Bahasa Inggris kejuruan dikarenakan kemampuan siswa yang tergolong rendah. Hal ini berakibat pada pengajaran Bahasa Inggris umum yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa. Penelitian ini mengadaptasi dan mengadopsi desain penelitian dan pengembangan (R amp D) oleh Borg dan Gall (1989). Analisis kebutuhan telah dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang kebutuhan keinginan dan kekurangan atau kesulitan siswa. Hasil dari analisis kebutuhan menunjukkan bahwa materi ajar yang digunakan dalam kelas Bahasa Inggris tidak berkaitan dengan jurusan akademik siswa. Para siswa juga mengatakan bahwa mereka masih mengalami kesulitan dalam kegiatan menyimak yang disebabkan oleh aksen pembicara topik dan kosa kata yang masih asing dan durasi rekaman yang terlalu panjang. Produk yang dikembangkan digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan siswa serta membantu kesulitan mereka yang datanya diperoleh dari hasil analisis kebutuhan. Produk akhir yakni buku kerja siswa rekaman audio dan buku guru telah divalidasi oleh dua ahli dan telah diuji coba kepada siswa kelas 10 jurusan multimedia di SMKN 10 Malang. Sekolah ini dipilih karena mayoritas siswa memiliki motivasi belajar yang rendah dan jarang mendapat kegiatan menyimak baik dengan materi umum maupun yang berkaitan dengan jurusan akademik. Produk ini dikembangkan dengan mempertimbangkan materi yang memiliki kaitan dengan jurusan akademik para siswa. Dari proses uji coba telah dibuktikan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kegunaan untuk membantu siswa belajar menyimak dan juga mereka mendapatkan banyak kosa kata baru yang berkaitan dengan dunia multimedia. Baik dari kualitas rekaman aksen dan kecepatan pembicara tingkat kesulitan dan durasi rekaman telah sesuai dengan kemampuan siswa sehingga mereka tidak terlalu mengalami kesulitan yang berarti selama proses menyimak. Terlebih lagi bermacam-macam model penugasan dan latihan juga mendapat respon baik dari siswa yang menarik minat mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193804

Actions (login required)

View Item View Item