Zukhrufi, Della Hartanti (2020) Implementing word wall media to improve the vocabulary mastery of the 7th grade students / Della Hartanti Zukhrufi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Zukhrufi Della Hartanti. 2018.Penerapan Media Word Wall untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa kata Siswa Kelas 7 MTs Surya Buana Malang.Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sri Andreani M. Ed. (II) Drs.AndiMuchtarM.A. Kata Kunci penguasaankosakata mediaword wall. Dalam belajar bahasa Inggris kosa kata merupakan salah satu elemen terpenting yang diperlukan dalam pembelajaran bahasa asing.Semakin banyak kata yang anda ketahui maka akan semakin mudah untuk memahami apa yang anda baca. Dalam studi pendahuluan peneliti menemukan bahwa sebagian besar siswa kelas VII-D mengalami kesulitan dalam penguasaan dan penghafalan kosa kata.Peneliti juga menemukan bahwa siswa kurang termotivasi untuk berpartisipasi dalam kegiatan kelas.Untuk meningkatkan penguasaan kosa kata siswa peneliti memutuskan untuk mengaplikasikan media Word Wall dalam kegiatan kelas. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas.Subjekpenelitian ini adalah 28 siswa dari kelas VII-D di MTs Surya Buana Malang.Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah (1) 75% siswa memperoleh skor sepuluh poin atau lebih dan (2) 75% siswamenunjukkan tanggapan positif terhadap penerapan media Word Wall di kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara daftar periksa observasi catatan lapangan teskosakata dan angket. Penelitian inidilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari empat pertemuan.Pada akhir penelitian hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) 23 siswa (85%) memperoleh minimal sepuluh poin dalam tes kosa kata akhir mereka dan (2) 26 siswa (95%) menunjukkan respon positif terhadap penerapan media Word Wall. Kesimpulannya media Word Wall dapat membantu siswa dalam meningkatkan kosa kata siswa dengan baik. Media Word Wall memberikan siswa cara yang menarik untuk mengenal dan menghafal kata yang mereka pelajari. Kegiatan yang terdapat dalam proses pengaplikasian media Word Wall ini akan membuat siswatetap aktif di kelas. Guru bahasa Inggris yang menghadapi permasalahan yang sama disarankan untuk menggunakan media Word Wall sebagai media alternative dalam pembelajaran kosa kata karena melalui penelitian ini Word Wall terbukti menjadi media yang menarik untuk membantu siswa dalam meningkatkan penguasaan kosa kata dan juga dapat membuat siswa termotivasi untuk mempelajari kosa katabaru tanpa ada perasaan yang membebani. Selanjutnya disarankan agar peneliti di masa depan melakukan penelitian dengan menggunakan media Word Wall sebagai salahsatu media untuk membantu siswa dalam meningkatkan penguasaan kosakata.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Mar 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/193803 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |