Pembelajaran daring dan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII menggunakan media video berita / Holy Fikriya Luqis - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran daring dan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII menggunakan media video berita / Holy Fikriya Luqis

Luqis, Holy Fikriya (2020) Pembelajaran daring dan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII menggunakan media video berita / Holy Fikriya Luqis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Luqis Holy Fikriya. 2020. Pembelajaran Daring dan Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII Menggunakan Media Video Berita. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Yuni Pratiwi M.Pd. dan Dewi Ariani S.S. S.Pd M.Pd. Kata Kunci pembelajaran daring kemampuan siswa menulis naskah drama dan media video berita. Kebijakan social distancing yang ditetapkan pemerintah membuat sekolah harus dilaksanakan dengan daring. Untuk mencapai kompetensi dasar 4.16 pembelajaran menulis naskah drama dilakukan melalui aplikasi whatsapp. Dalam upaya memaksimalkan proses pembelajaran menulis naskah drama media video berita digunakan untuk dapat merangsang siswa dalam menentukan ide. Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan aktivitas pembelajaran menulis naskah drama secara daring menggunakan video berita pada kelas VIII (2) menjelaskan aktivitas penggunaan media dalam pembelajaran menulis naskah drama secara daring menggunakan video berita pada kelas VIII dan (3) menjelaskan kemampuan siswa dalam menulis naskah drama menggunakan media video berita. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian campuran model concurrent embedded (campuran tidak berimbang). Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Malang. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII L yang berjumlah 32 siswa. Metode kualitatif untuk menganalisis data berupa aktivitas pelaksanaan pembelajaran menulis naskah drama menggunakan media video berita dan respon siswa dan guru terhadap media video berita. Metode kuantitatif untuk menganalisis data skor siswa dalam mengembangkan tema tokoh latar alur dan dialog. Hasil penelitian ini menunjukkan kegiatan pembelajaran daring yang dilaksanakan tidak berjalan sesuai RPP. Banyak kendala yang perlu dibenahi seperti keterbatasan penguasaan IT baik guru maupum siswa kendala alat komunikasi. Kendala tersebut menyebabkan kurangnya penyampaian guru sehingga siswa kurang memahami materi dengan baik. Media video berita masih perlu dibenahi dalam hal pemilihan topik yang menarik. Guru menganggap media video berita cocok untuk digunakan dalam pembelajaran menulis naskah drama. Dari hasil analisis terhadap skor kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII menggunakan media video berita dapat diketahui bahwa dalam menentukan tema dari 30 siswa sebanyak 13 siswa (43 3%) mendapat kualifikasi sangat baik. Sebanyak 9 siswa (30%) mendapat kualifikasi tema baik. Sebanyak 5 siswa (17%) mendapat kualifikasi cukup. Sebanyak 3 siswa (10%) mendapat kualifikasi tema kurang. Kemampuan dalam menentukan tokoh terdapat 18 siswa (60%) memperoleh kualifikasi sangat baik sebanyak 5 siswa (17%) mendapat kualifikasi tokoh baik sebanyak 5 siswa (17%) mendapat kualifikasi tokoh cukup sebanyak 2 siswa (6%) mendapat kualifikasi kurang. Kemampuan dalam mengembangkan alur dapat dilihat bahwa sebanyak 7 siswa (23 3%) mendapat kualifikasi sangat baik sebanyak 7 siswa (23 3%) memperoleh kualifikasi baik sebanyak 10 siswa (33 7%) mendapat kualifikasi cukup sebanyak 6 siswa (20%) mendapat kualifikasi alur kurang. Kemampuan dalam menentukan latar sebanyak 14 siswa (46 6%) mendapat kualifikasi sangat baik sebanyak 6 siswa (20%) mendapat kualifikasi latar baik sebanyak 8 siswa (26 7%) mendapat kualifikasi latar dalam naskah drama cukup sebanyak 2 siswa (6 7%) mendapat kualifikasi kurang. Kemampuan dalam megembangkan dialog sebanyak 5 siswa (16 7%) mendapat kualifikasi dialog naskah drama sangat baik sebanyak 4 siswa (13 3%) mendapat kualifikasi baik sebanyak 18 siswa (60%) memperoleh kualifikasi cukup sebanyak 3 siswa (10%) mendapat kualifikasi kurang. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh guru untuk acuan penulisan rancangan pelaksanaan pembelajaran daring dan evaluasi pada kemampuan menulis naskah drama. Bagi sekolah hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah khususnya pembelajaran menulis naskah drama. Saran bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan selanjutnya untuk meneliti lebih lanjut mengenai pembelajaran daring dan kemampuan menulis naskah drama dengan macam-macam media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193760

Actions (login required)

View Item View Item