pengaruh permainan lompat tali sebagai program terapi sensori integrasi pada kemampuan gerak lokomotor siswa autis kelas vi slb autism river kids malang / Violita Hillary - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh permainan lompat tali sebagai program terapi sensori integrasi pada kemampuan gerak lokomotor siswa autis kelas vi slb autism river kids malang / Violita Hillary

Hillary, Violita Hillary (2021) pengaruh permainan lompat tali sebagai program terapi sensori integrasi pada kemampuan gerak lokomotor siswa autis kelas vi slb autism river kids malang / Violita Hillary. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada anak dengan autism gangguan dalam memproses impuls sensorik dapat menyebabkan masalah yang memengaruhi perilaku dan keterampilan anak. Hal ini menyebabkan anak menjadi kurang sensitif atau justru terlalu sensitif terhadap stimulus sensorik di sekitarnya.Terapi sensori integrasi dapat membantu penderita untuk mengatasi kesulitan memproses input sensorik tersebut. Dengan pemberian terapi sensori integrasi secara perlahan dapat memperbaiki fungsi otak anak anak dengan gejala Autism sehingga perilaku anak Autis menjadi membaik dan lebih adaptif sehingga akan mudah menerima informasi menyimak memberikan respon dalam aktifitas kesehariannya. Sensori Integrasi adalah proses mengubah sikap mengenal pola dan membedakan stimulasi dari sistem sensor agar menghasilkan suatu respon dalam bentuk ldquo perilaku adatif bertujuan rdquo . Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui hasil kemampuan gerak lokomotor pada motorik kasar lompat tali siswa sebelum dilakukan intervensi. (2) Mengetahui hasil kemampuan gerak lokomotor pada motorik kasar lompat siswa setelah dilakukan intervensi (3) Mengetahui hasil pengaruh gerak lokomotor pada motorik kasar lompat tali pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A . Subjek penelitian R (13 Tahun) yang berjenis kelamin laki-laki. Jenis pengukuran yang digunakan adalah presentase. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah antar kondisi dan dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan perubahan peningkatan mean level yang meningkat dari 54 2% pada kondisi baseline-1 ke kondisi intervensi 62 8% dan kondisi baseline-2 91 4 %. Perhitungan presentase overlap antara kondisi baseline-1 ke kondisi intervensi adalah 0 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan permainan flipchart terhadap kemampuan bina diri gerak dasar lokomotor lompat tali anak autis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193751

Actions (login required)

View Item View Item