Pengembangan video pembelajaran membuat banoffee dessert box bagi siswa tunarungu smalb yptb malang / Fitri Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video pembelajaran membuat banoffee dessert box bagi siswa tunarungu smalb yptb malang / Fitri Handayani

Handayani, Fitri Handayani (2021) Pengembangan video pembelajaran membuat banoffee dessert box bagi siswa tunarungu smalb yptb malang / Fitri Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tunarungu adalah seseorang yang kehilangan pendengaran baik sebagian ataupun seluruhnya sehingga mengakibatkan hambatan dalam perkembangan bahasa dan membutuhkan bimbingan dan pendidikan khusus. Berdasarkan hasil observasi yang telah diakukan di SMALB YPTB Malang ditemukan permasalahan bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran tata boga masih bersifat konvensional yaitu resep dengan tulisan saja yang menyebabkan ketidakefektifannya pembelajaran tata boga khususnya pada pembelajaran membuat cake. hal tersebut tidak sejalan dengan krakteristik anak tunarungu yang membutuhkan penjelasan mendetail karena kurangnya kemampuan dalam daya abstraksinya. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan video pembelajaran membuat banoffee dessert box untuk siswa tunarungu SMALB YPTB Malang yang efektif. Penelitian dan pengembangan video pembelajaran membuat banoffee dessert box ini menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Branch. Subyek validasi dari penelitian pengembangan ini adalah ahli media ahli materi praktisi dan siswa tunarungu SMALB YPTB Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah presentase pada data kuantitatif dan deskriptif pada data kualitatif. Hasil dari validasi gabungan ahli media ahli materi dan praktisi video pembelajaran membuat banoffee dessert box mendapatkan presentase nilai 93 44% yang berarti video pembelajaran membuat banoffee dessert box dapat dikatakan sangat layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran di SMALB YPTB Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193749

Actions (login required)

View Item View Item