Pengembangan buku panduan keterampilan cetak sablon untuk siswa tunarungu di SLB Eka Mandiri Kota Batu / Riski Dwi Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku panduan keterampilan cetak sablon untuk siswa tunarungu di SLB Eka Mandiri Kota Batu / Riski Dwi Saputra

Saputra, Riski Dwi (2020) Pengembangan buku panduan keterampilan cetak sablon untuk siswa tunarungu di SLB Eka Mandiri Kota Batu / Riski Dwi Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputra Riski Dwi. 2019. Pengembangan Buku Panduan Keterampilan Cetak Sablon Untuk Siswa Tunarungu di SLB Eka Mandiri Kota Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakulttas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd. M.Kes. (II) Pramono S.Pd. M.Or. Kata Kunci Buku Panduan Sablon Tunarungu Buku panduan adalah media yang dirancang untuk peserta didik tunarungu yang digunakan sebagai upaya dalam meningkatkan keterampilan sablon peserta didik tunarungu. hasil observasi di SLB Eka Mandiri Kota Batu menunjukan (1) Kesulitan dalam memahami pembelajaran (2) kesulitan memahami benda beserta fungsi (3) kurangnya media pembelajaran visual yang digunakan guru untuk membantu peserta didik tunarungu dalam keterampilan sablon manual. Oleh karena itu perlu adanya media visual untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran keterampilan sablon manual sederhana pada peserta didik tunarungu. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran berupa buku panduan berupa buku panduan cara sablon manual di kelas XII Tunarungu di SLB Eka Mandiri Kota Batu (2) Menguji keefektifan media buku panduan cetak sablon manual berdasarkan hasil validasi ahli. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg amp Gall karena urutan dan langkah pengembangan ini sudah sesuai dengan penelitian dan pengembangan yang akan dilakukan langkah-langkah model pengembangan Borg amp Gall dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan penelitian dan pengembangan buku panduan sablon ini. Validasi kepada subyek yang ahli pada bidangnya dilakukan untuk melihat keefektifan dari buku panduan ketrampilan cetak sablon. Subyek validasi adalah dua ahli media dua ahli materi dan dua praktisi. Hasil penlitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran berupa buku panduan cetak sablon ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran keterampilan di sekolah. Terbukti dengan hasil perolehan skor validasi dari ahli media skor sebesar 88 8% skor validasi ahli materi sebesar 86 2% validari praktisi skor sebesar 94 2%. Yang pada intinya media buku panduan keterampilan sablon manual ini sangat layak digunakansebagai media pembelajaran untuk membantu menunjang proses belajar mengajar di sekolah. Untuk pengembangan berikutnya diharapkan dapat menciptakan buku panduan atau bahan ajar lainya yang bersangkutan dengan keterampilkan vokasional di SLB dengan lebih inovatif dan varitiaf sehingga dapat menarik dan sesuai dengan karakter siswa yang dituju.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193734

Actions (login required)

View Item View Item