Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis bagi anak Down Syndrome di SLB BC Kepanjen / Catur Pupus Agillisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis bagi anak Down Syndrome di SLB BC Kepanjen / Catur Pupus Agillisa

Agillisa, Catur Pupus (2020) Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis bagi anak Down Syndrome di SLB BC Kepanjen / Catur Pupus Agillisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiap siswa pasti memiliki tingkat kemampuan menulis yang berbeda. Kemampuan menulis yang dialami oleh siswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Berdasarkan tingkat kemampuan menulis siswa yang berbeda pasti memiliki hasil belajar yang berbeda. Pada penelitian yang dilakukan di SLB BC Kepanjen ditemukan hasil penelitian bahwa adanya siswa Down Syndrome yang mengalami permasalahan pada kemampuan menulis. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan menulis siswa Down Syndrome di SLB BC Kepanjen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab atau faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan menulis siswa Down syndrome kelas X di SLB BC Kepanjen yang dilihat dari faktor lingkungan perilaku motorik dan kemampuan memahami intruksi. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus yang dibatasi oleh tempat dan waktu. Pada proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini dilakukan di SLB BC Kepanjen. Narasumber terdiri dari kepala sekolah wali kelas X SLB BC Kepanjen orang tua siswa. Hasil penelitian yang ditemukan dilapangan adalah ada empat faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis permulaan siswa Down Syndrome kelas X di SLB BC Kepanjen yaitu faktor motorik siswa Down Syndrome setiap indivdu berbeda adanya perilaku aktif yang bisa mengakibatkan terganggunya konsentrasi siswa kemampuan setiap siswa dalam persepsi memori dan kemampuan memahami intruksi dapat mempengaruhi kemampuan menulis faktor lingkungan yang berpengaruh pada perkembangan kemampuan menulis siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa perbedaan kemampuan menulis siswa Down Syndrome kelas X di SLB BC Kepanjen dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mempengaruhi siswa Down Syndrome. Saran yang dapat diberikan adalah (1) Bagi guru disarankan harus lebih kreatif dan melakukan terapi sebelum pembelajaran dimulai untuk meningkatkan kemampuan motorik halus siswa (2) Bagi Orang Tua Perlunya peningkatan perhatian orang tua terhadap perkembangan anak dan meningkatkan kemampuan anak dengan cara memberikan stimulus setiap hari ke anak ketika dirumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193732

Actions (login required)

View Item View Item