Penguasaan berbahasa pada pembelajaran siswa tunarungu kelas V di SDLB B YPTB Malang / Siti Shoimatul Munawaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguasaan berbahasa pada pembelajaran siswa tunarungu kelas V di SDLB B YPTB Malang / Siti Shoimatul Munawaroh

Munawaroh, Siti Shoimatul (2020) Penguasaan berbahasa pada pembelajaran siswa tunarungu kelas V di SDLB B YPTB Malang / Siti Shoimatul Munawaroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Munawaroh Siti Shoimatul. 2020. Penguasaan Berbahasa pada Pembelajaran Siswa Tunarungu Kelas V di SDLB B YPTB Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. M. Shodiq AM M.Pd (II) Dr. Ahsan Romadlon Junaidi M.Pd. Kata Kunci penguasaan berbahasa pembelajaran siswa tunarungu Penguasaan berbahasa pada pembelajaran anak tunarungu sangat berkaitan dengan keberhasilan materi yang disampaikan oleh guru dalam pembelajaran. Terdapat dua siswa tunarungu kelas V di SDLB B YPTB Malang yang memiliki kemampuan berbahasa berbeda. Kemampuan tersebut dipengaruhi oleh profile subjek pemerolehan bahasa pada subjek dan keterampilan bahasa yang dimiliki subjek. Tujuan penelitian ini guna untuk mengetahui profil subjek pemerolehan bahasa pada subjek dan keterampilan berbahasa pada subjek yang berhubungan dengan penguasaan berbahasa pada pembelajaran siswa tunarungu di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilakukan di SDLB YPTB Malang di kelas V data yang diperoleh bersumber dari guru kelas V dan wali murid dari subjek yang bersangkutan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa siswa tunarungu pada pembelajaran di dalam kelas cenderung berbeda. Hal tersebut dipengaruhi oleh identifikasi awal tunarungu intervensi yang diberikan dan dukungan belajar dari lingkungan. Subjek D mendapatkan identifikasi ketunarunguan lebih awal daripada subjek E. Subjek D lebih banyak memahami makna kata dalam pembelajaran sehari-hari karena orang tua subjek D serring mengenalkan kata dan kalimat baru dalam kehidupan sehari-hari subjek D hal tersebut merupakan salah satu klasifikasi dimana siswa akan memahami materi yang disampaikan oleh guru kelas terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 May 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193722

Actions (login required)

View Item View Item