Analisis kemampuan regulasi emosi anak autis pada proses pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 / Thalsa Syahda Aqilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan regulasi emosi anak autis pada proses pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 / Thalsa Syahda Aqilah

Aqilah, Thalsa Syahda (2021) Analisis kemampuan regulasi emosi anak autis pada proses pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 / Thalsa Syahda Aqilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Beberapa anak yang mengalami gangguan perkembangan bisa jadi mengalami gangguan regulasi emosi salah satunya adalah anak autis. Kegagalan regulasi emosi dimanifestasikan dalam gangguan perilaku yang amat serius seperti tantrum marah yang tidak terkontrol agresi dan kecenderungan melukai diri sendiri. Maka dari itu seringkali terganggunya perilaku berakar dari manajemen regulasi emosi maladaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan regulasi emosi anak autis dan perlakuan yang tepat dari guru dan orang tua dalam mewujudkan perbaikan regulasi emosi pada proses pembelajaran daring serta menjelaskan implikasi positif regulasi emosi anak autis melalui pembelajaran daring. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari empat orang yaitu guru kelas dan orang tua siswa MA dan NAJ. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disregulasi emosi pada anak autis adalah sebuah hambatan yang menyebabkan munculnya perilaku maladaptif pada proses pembelajaran daring. Namun kemampuan regulasi emosi tetap bisa diatur dengan baik apabila anak menerima bantuan pengaturan emosi dari guru kelas atau orang tuanya. Preferensi lingkungan belajar yang dimiliki anak juga berperan dalam hal ini. Selanjutnya perlakuan yang tepat dari guru dan orang tua kepada anak untuk mewujudkan regulasi emosi positif pada pembelajaran daring meliputi persiapan dan pengemasan pembelajaran daring yang kondusif dan menyenangkan. Implikasi positif regulasi emosi anak juga dapat diwujudkan melalui pembelajaran daring dengan dukungan dari guru dan orang tua anak. Saran yang diajukan dalam penelitian ini kepada orang tua untuk mengatur emosinya sendiri serta melakukan pendampingan untuk anak secara maksimal pada proses pembelajaran daring. Saran untuk guru kelas berupa pentingnya memahami karakter anak serta berkomunikasi dengan orang tua untuk menyelaraskan perlakuan di rumah dan di sekolah. Sementara itu peneliti selanjutnya dapat meneliti tentang kemampuan emosi anak autis yang dihubungkan dengan regulasi emosi emosionalitas serta ekspresi dari emosi-emosi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193708

Actions (login required)

View Item View Item