Pengaruh media lotto angka terhadap kemampuan berhitung sederhana pada anak tunagrahita kelas 1 di sdlb pembina tingkat nasional bagian c malang / Dwi Sukma Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media lotto angka terhadap kemampuan berhitung sederhana pada anak tunagrahita kelas 1 di sdlb pembina tingkat nasional bagian c malang / Dwi Sukma Wijayanti

Wijayanti, Dwi Sukma Wijayanti (2021) Pengaruh media lotto angka terhadap kemampuan berhitung sederhana pada anak tunagrahita kelas 1 di sdlb pembina tingkat nasional bagian c malang / Dwi Sukma Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijayanti Dwi Sukma. 2021. Pengaruh Media Lotto Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Sederhana Pada Anak Tunagrahita Kelas 1 di SDLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wiwik Dwi Hastutik S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Usep Kustiawan M.Sn. Kata Kunci Kemampuan Berhitung Sederhana Media Lotto Angka Tunagrahita Tunagrahita mengalami kesulitan untuk berpikir abstrak hal tersebut berpegaruh pada kemampuan berhitung sederhana. Media lotto angka merupakan alat edukatif yang digunakan untuk mengenal bentuk serta dapat membantu proses belajar berhitung sederhana. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kemampuan berhitung sederhana pada anak tunagrahita kelas 1 di SDLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang sebelum menggunakan media loto angka (2) mengetahui kemampuan berhitung sederhana pada anak tunagrahita kelas 1 di SDLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang sesudah menggunakan media lotto angka (3) mengetahui pengaruh media lotto angka terhadap kemampuan berhitung sederhana pada anak tunagrahita kelas 1 di SDLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah 5 subjek siswa tunagrahita kelas 1 di SDLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. Instrumen yang digunakan observasi dan tes. Tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda berhitung sederhana 1-10. Sedangkan observasi digunakan untuk mengetahui respon subjek dalam penggunaan media. Teknik analisis data uji hipotesis menggunakan tes ranking bertaanda wicoxon data berpasangan. Hasil dari penelitian dan analisis data diperoleh (1) nilai rata-rata pretest sebesar 32 63 (2) nilai rata-rata posttest sebesar 74 62 (3) ada pengaruh penggunaan media lotto angka terhadap kemampuan berhitung sederhana pada anak tunagrahita kelas 1 di SDLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang. Kesimpulann dari penelitian ini adalah (1) kemampuan berhitung sederhana pada anak tunagrahita kelas 1 di SDLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang sebelum menggunakan media lottoangka masih kurang (2) kemampuan berhitung sederhana pada anak tunagrahita kelas 1 di SDLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang sesudah menggunakan media lotto angka meningkat dengan baik (3) Ho ditolak sehingga ada pengaruh terhadap kemampuan berhitung sederhana pada anak tunagrahita kelas 1 di SDLB Pembina Tingkat Nasional Bagian C Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193695

Actions (login required)

View Item View Item