Pengembangan buku panduan keterampilan batik tulis sederhana untuk anak Tunagrahita di SLB Harapan Mulya Gresik / Fia Pangastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku panduan keterampilan batik tulis sederhana untuk anak Tunagrahita di SLB Harapan Mulya Gresik / Fia Pangastuti

Pangastuti, Fia (2021) Pengembangan buku panduan keterampilan batik tulis sederhana untuk anak Tunagrahita di SLB Harapan Mulya Gresik / Fia Pangastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Buku panduan batik tulis merupakan sebuah bahan ajar berisi materi seni membatik tulis yang digunakan dalam pembelajaran keterampilan vokasional seni membatik siswa tunagrahita. Produk bahan ajar ini dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan guru dan siswa tunagrahita SMALB kelas X di SLB Harapan Mulya Gresik. Guru tidak memiliki bahan ajar khusus keterampilan seni membatik sehingga pembelajaran membatik di sekolah tidak berjalan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk bahan ajar berupa buku panduan keterampilan batik tulis sederhana untuk anak tunagrahita di SLB Harapan Mulya Gresik. Buku panduan ini dapat memberikan pemahaman keterampilan seni membatik dengan baik sesuai kurikulum keterampilan vokasi yang ada disekolah sehingga siswa tunagrahita dapat mempraktikkan secara mandiri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan pengembangan atau yang biasa disebut juga Research and Development (R amp D). Prosedur Penelitian ini berpedoman pada model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh peniliti dikarenakan keadaan pandemi Virus Covid-19 yang terjadi di Indonesia. Prosedur Penelitian pengembangan ini berisi langkah-langkah yaitu 1) Penelitian dan pengumpulan data/informasi 2) Perencanaan 3) Pengembangan desain produk awal 4) Validasi produk awal 5) Revisi Produk Awal 6) Uji coba kelompok kecil 7) Revisi produk akhir dan hasil akhir. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa produk bahan ajar buku panduan keterampilan batik tulis sangat valid dan dapat digunakan siswa tunagrahita dalam pembelajaran keterampilan seni membatik. Hal tersebut terbukti dari hasil persentase validasi media sebesar 97 27% persentase validasi materi sebesar 95 55% persentase validasi praktisi sebesar 87 99%. Dari hasil validasi oleh ahli media ahli materi dan praktisi diperoleh persentase gabungan sejumlah 93 60% hal ini menunjukkan produk buku panduan keterampilan batik tulis sangat valid dan dapat digunakan. Saran yang diberikan untuk guru yaitu guru mampu memahami isi materi buku panduan dan melakukan pendampingan secara individual terhadap siswa yang kesulitan dalam kegiatan membuat keterampilan batik tulis sederhana. Saran untuk siswa tunagrahita diharapkan mampu menguasai kompetensi keterampilan membatik secara mandiri baik teori maupun praktik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193690

Actions (login required)

View Item View Item