Pengaruh penggunaan media video animasi pembelajaran berbasis powtoon terhadap hasil belajar ipa materi wujud benda dan sifatnya pada siswa kelas v tunagrahita di sdlb sumber dharma kota malang / Herlina Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media video animasi pembelajaran berbasis powtoon terhadap hasil belajar ipa materi wujud benda dan sifatnya pada siswa kelas v tunagrahita di sdlb sumber dharma kota malang / Herlina Firdaus

Firdaus, Herlina Firdaus (2021) Pengaruh penggunaan media video animasi pembelajaran berbasis powtoon terhadap hasil belajar ipa materi wujud benda dan sifatnya pada siswa kelas v tunagrahita di sdlb sumber dharma kota malang / Herlina Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak tunagrahita merupakan anak yang memiliki kecerdasan di bawah rata-rata sehingga kemampuan berfikirnya rendah. Salah satunya memiliki kesulitan dalam belajar IPA materi wujud benda dan sifatnya siswa mengalami lemah dalam daya ingatnya dan sukar berfikir abstrak sehingga memerlukan media video animasi pembelajaran berbasis powtoon yang dapat mendukung hasil belajar IPA. Tujuan penelitian ini 1) Mendeskripsikan hasil belajar ipa materi wujud benda dan sifatnya siswa kelas V SDLB Sumber Dharma sebelum menggunakan media video animasi pembelajaran berbasis powtoon. 2) Mendeskripsikan hasil belajar ipa materi wujud benda dan sifatnya siswa kelas V SDLB Sumber Dharma sesudah menggunakan media video animasi pembelajaran berbasis powtoon. 3) Mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi pembelajaran berbasis powtoon terhadap hasil belajar IPA materi wujud benda dan sifatnya pada siswa kelas V Tunagrahita di SDLB Sumber Dharma. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Dengan subjek berjumlah 5 anak tunagrahita ringan kelas lima. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan analisis non-parametrik yaitu Wilcoxon Signed Rank Test (Tes Rangking Bertanda Wilcoxon) dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata posttest lebih besar daripada nilai pretest yaitu 59 97 menjadi 84 34. Hasil uji Hipotesis menunjukkan bahwa nilai nilai Z hitung -2 023 dengan Asymp. Sig (2-tailed) 0 043 pada taraf signifikansi ( alpha ) 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Media Video Animasi berbasis Powtoon berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa tunagrahita ringan kelas V SDLB Sumber Dharma Kota Malang. Saran yang diberikan bagi guru diharapkan menerapkan media video animasi berbasis powtoon dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193685

Actions (login required)

View Item View Item