Upaya guru dalam menangani anak kurang aktif di kelas / Stamrotu Ulfikriyya - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya guru dalam menangani anak kurang aktif di kelas / Stamrotu Ulfikriyya

Ulfikriyya, Stamrotu (2020) Upaya guru dalam menangani anak kurang aktif di kelas / Stamrotu Ulfikriyya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ulfikriyya Stamrotu. Upaya Guru Dalam Menangani Anak Kurang Aktif Di Kelas. Skripsi Prodi S1 ndash Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Tumardi S. Pd. M.Pd. (II) Rosyi Damayani Twinsari M S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Keaktifan Anak Upaya guru mengaktifkan anak berperan sebagai perencana pembelajaran yang dapat menstimulasi anak untuk berfikir bertanya bereksperimen dan menemukan. Anak-anak kurang aktif dituntut aktif kembali untuk kemudian menemukan informasi yang dibutuhkan sehingga pengetahuannya tidak terbatas. Pemberian upaya guru dalam mengaktifkan anak kurang aktif dapat meningkatkan keinginan belajar dalam diri anak. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kecenderungan upaya yang dilakukan guru untuk menangani anak kurang aktif dan bagaimana respon anak terhadap upaya yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan mengambil populasi guru taman kanak-kanak yang berada di Kota Malang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 40 situasi pembelajaran dari 8 lembaga TK yang ada di Kota Malang dengan pertimbangan kualitas pembelajaran dari masing-masing lembaga yang telah diakui oleh masyarakat maupun dinas terkait. Pengamatan dilakukan pada pembelajaran yang melibatkan guru dan anak. Data dalam penelitian ini dianalisis melalui rekaman vidio dan catatan lapangan berdasarkan indikator yang diambil dari teori. Hasil dari pengolahan data penelitian ini menunjukkan bahwa kecenderungan upaya yang dilkukan oleh guru kepada anak yang menunjukkan perilaku kurang aktif adalah pengaktifan menggunakan motivasi. Pernyataan tersebut dapat dilihat dengan jumlah presentase tertinggi sebanyak 100%. Pada kategori respon anak menunjukkan presentase tertinggi yang ditunjukkan anak berupa anak terlihat antusias senang bersemangat dan mau berpendapa kembali dengan jumlah presentase sebanyak 50%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193659

Actions (login required)

View Item View Item