Stimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui program market day di tk al-muhajirin kota malang / Silvi Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Stimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui program market day di tk al-muhajirin kota malang / Silvi Rahmawati

Rahmawati, Silvi Rahmawati (2021) Stimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui program market day di tk al-muhajirin kota malang / Silvi Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Stimulasi perkembangan anak usia dini merupakan pemberian rangsangan pada anak agar berkembang dengan optimal serta seluruh kebutuhan terpenuhi sesuai dengan usianya dan dapat dilakukan melalui program market day. Dalam hal ini banyak proses yang melibatkan anak secara langsung dalam pelaksanaannya yaitu proses produksi atau pembuatan produk proses distribusi yang didalamnya ada proses jual beli dan proses konsumen. Program ini dapat dilaksanakan secara offline maupun online maka dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui cara menstimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui program market day di TK Al-Muhajirin Kota Malang. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model dari Miles dan Huberman yaitu dengan cara pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah guru dan wali murid. Penelitian ini dilakukan di TK Al-Muhajirin Kota Malang yang terletak di Jl. Karya Timur IV No.86 Blimbing Kota Malang. Hasil penelitian memaparkan bahwa cara menstimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini menggunakan cara kenal diri dan kenal emosi. Cara tersebut dengan melibatkan anak secara langsung dalam semua proses kegiatan program market day baik proses produksi distribusi yang didalamnya ada proses jual beli dan proses konsumen. Dalam proses tersebut akan membantu anak untuk mengenal kondisi sosial yang ada dilingkungannya atau dapat menyikapi kondisi sosial yang ia temui saat berinteraksi dengan orang lain. Tidak hanya itu anak akan mampu mengatur dan mengendalikan emosinya. Stimulasi tersebut akan berhasil apabila mendapat dukungan dari orang tua guru dan lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan sekolah diharapkan dapat melakukan inovasi dan pengembangan strategi pelaksanaan program market day dalam menstimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini agar menjadi lebih baik. Peneliti lain diharapkan mampu mengembangkan program market day dengan memanfaatkan teknologi terbaru agar lebih bervariatif untuk menstimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193609

Actions (login required)

View Item View Item