Perbedaan persepsi guru dan orang tua terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun selama pembelajaran daring melalui video conference / Dwi Tanti Nugraheni - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan persepsi guru dan orang tua terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun selama pembelajaran daring melalui video conference / Dwi Tanti Nugraheni

Nugraheni, Dwi Tanti Nugraheni (2021) Perbedaan persepsi guru dan orang tua terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia 4-5 tahun selama pembelajaran daring melalui video conference / Dwi Tanti Nugraheni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran daring dinilai kurang efektif karena cenderung bergaya visual dan tulisan serta kurang interaktif sebab mayoritas menggunakan metode pemberian tugas. Salah satu cara yang dapat diimplementasikan di PAUD adalah denggan video conference. Dengan cara tersebut guru dan anak yang didampingi orang tua seolah-olah dapat bertatap muka secara langsung. Terdapat interaksi dan komunikasi dengan anak sehingga kemampuan bahasa ekspresif anak bisa berkembang. Guru dan orang tua memiliki pendapat tentang kemampuan yang dimiliki anak khususnya kemampuan bahasa ekspresif selama pembelajaran daring berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah terdapat perbedaan persepsi antara guru dan orang tua terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak selama pembelajaran daring dilaksanakan melalui video conference. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Variabel yang digunakan adalah kemampuan bahasa ekspresif anak dari persepsi dari guru serta orang tua. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan total sampel terdiri dari 16 guru dan 62 orang tua. Penelitian ini menggunakan skala likert dan untuk menguji hipotesis menggunakan independent sampel t-test dengan bantuan spss 25. Hasil dari uji independent sampel t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi antara guru dan orang tua terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak selama pembelajaran daring melalui video conference.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193600

Actions (login required)

View Item View Item