Pengembangan e-modul menggunakan aplikasi canva sebagai sumber belajar dengan penguatan karakter mandiri pada pembelajaran ipa materi gaya kelas 4 sdn pakijangan 1 kabupaten pasuruan / Aprilia Maslakhatul Ilmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul menggunakan aplikasi canva sebagai sumber belajar dengan penguatan karakter mandiri pada pembelajaran ipa materi gaya kelas 4 sdn pakijangan 1 kabupaten pasuruan / Aprilia Maslakhatul Ilmi

Ilmi, Aprilia Maslakhatul Ilmi (2021) Pengembangan e-modul menggunakan aplikasi canva sebagai sumber belajar dengan penguatan karakter mandiri pada pembelajaran ipa materi gaya kelas 4 sdn pakijangan 1 kabupaten pasuruan / Aprilia Maslakhatul Ilmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Selama pandemi kegiatan pembelajaran di SDN Pakijangan 1 Kabupaten Pasuruan dilaksanakan melalui aplikasi whatsapp. Bahan ajar yang digunakan hanya buku tema dan buku LKS sedangkan peserta didik hanya mempunyai LKS sebagai pegangan. Sebagian besar peserta didik memiliki handphone android. Selain itu peserta didik kesulitan memahami materi gaya pada tema 7 karena guru kesulitan menyampaikan materi secara daring. Maka dari itu perlu dikembangkannya solusi dengan membuat bahan ajar dalam bentuk elektronik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul menggunakan aplikasi canva sebagai sumber belajar dengan penguatan karakter mandiri pada pembelajaran IPA materi gaya kelas 4 SDN Pakijangan 1 yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE meliputi tahap analysis (analisis) design (desain) development (pengembangan) implementation (implementasi) and evaluation (evaluasi). Pengembangan ini menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dengan teknik wawancara dan angket. Angket untuk validator menggunakan skala Likert sedangkan angket untuk peserta didik menggunakan skala Guttman. Hasil validasi produk oleh ahli materi mendapat nilai rata-rata sebesar 100% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian produk oleh ahli bahan ajar mendapat nilai rata-rata sebesar 87 5% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian produk oleh pengguna mendapat nilai rata-rata sebesar 82 1% dengan kategori cukup valid. Sedangkan hasil penilaian kepraktisan dan karakter mandiri oleh peserta didik mendapat nilai rata-rata sebesar 94 2 % dan 84 05% dengan kategori sangat praktis. Disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan e-modul menggunakan aplikasi canva sebagai sumber belajar dengan penguatan karakter mandiri pada pembelajaran IPA materi gaya kelas 4 SDN Pakijangan 1 kabupaten Pasuruan yang sangat valid dan sangat praktis. Sehingga produk dapat digunakan dalam pembelajaran. Sebaiknya e-modul digunakan sebagai sumber belajar pendamping bagi peserta didik dan bahan ajar yang praktis bagi guru terutama dalam pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193576

Actions (login required)

View Item View Item