Pengembangan media pembelajaran Smart Card untuk mengembangkan rasa cinta damai materi keberagaman budaya di Indonesia siswa kelas IV SDN Klatak / Riska Septiovan Debby - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran Smart Card untuk mengembangkan rasa cinta damai materi keberagaman budaya di Indonesia siswa kelas IV SDN Klatak / Riska Septiovan Debby

Debby, Riska Septiovan (2020) Pengembangan media pembelajaran Smart Card untuk mengembangkan rasa cinta damai materi keberagaman budaya di Indonesia siswa kelas IV SDN Klatak / Riska Septiovan Debby. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil wawancara pada beberapa siswa kelas IV SDN Klatak Kabupaten Blitar menunjukkan bahwa minat belajar sebagian siswa terhadap pembelajaran IPS cukup rendah khususnya pada materi keberagaman budaya. Sehingga pada penelitian ini dikembangkan sebuah media berupa Smart Card sebagai media belajar muatan IPS khususnya materi keberagaman budaya di Indonesia. Tujuan dari pengembangan Smart Card adalah mengembangkan dan menguji kelayakan Smart Card materi keberagaman budaya di Indonesia dari segi kevalidan dan kepraktisan berdasarkan validasi materi validasi media dan praktisi lapangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R amp D) dengan menggunakan model Dick and Carey yang meliputi tahap analisis pengembangan desain implementasi dan evaluasi. Jenis data yang dianalisis berupa data kuantitatif fan data kualitatif. Data kuantitatif didapatkan dari hasil validasi oleh ahli materi ahli media dan guru sebagai praktisi serta hasil uji kepraktisan oleh siswa kelas IV. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran yang diberikan oleh validator dan praktisi. Berdasarkan hasil validasi dari para ahli yang diperoleh. Ahli materi mendapat nilai sebesar 97 61% ahli media mendapat 96 59% dan pengguna mendapat 95 45%. Kriteria hasil semua validasi mendapat kategori sangat valid dan dapat digunakan. Sedangkan pada uji coba kelompok kecil diperoleh nilai sebesar 95 83% dan hasil uji coba kelompok besar diperoleh nilai sebesar 96 67% yang berrati sangat praktis dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi dan hasil uji coba diperoleh kesimpulan bahwa media Smart Card dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran pada kelas IV SD. Diharapkan produk ini dapat di tindak lanjuti dengan mengetahui efektivitas dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193514

Actions (login required)

View Item View Item