Analisis kesesuaian antara buku teks siswa tematik terpadu tema 1 organ gerak hewan dan manusia SD/MI kelas V dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 / Indri Dwi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesesuaian antara buku teks siswa tematik terpadu tema 1 organ gerak hewan dan manusia SD/MI kelas V dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 / Indri Dwi Lestari

Lestari, Indri Dwi (2020) Analisis kesesuaian antara buku teks siswa tematik terpadu tema 1 organ gerak hewan dan manusia SD/MI kelas V dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 / Indri Dwi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari I. D. 2020. Analisis Kesesuaian Antara Buku Teks Siswa Tematik Terpadu Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia SD/MI Kelas V Dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Undergraduate Thesis Department of Primary School Education and Pre-School Study Program Of Primary School Teacher Education Universitas Negeri Malang Advisor Kata Kunci Buku Teks Ilmu Pengetahuan Alam Kurikulum 2013 Siswa Buku merupakan sumber utama yang digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah-sekolah di Indonesia. Sebagai sumber utama bagi guru untuk mengajar dan sumber utama bagi siswa untuk belajar maka isi buku harus sesuai dengan standar yang telah ditetapkan demi tercapainya keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian antara isi buku teks siswa kelas V SD/MI tema 1 organ gerak hewan dan manusia terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2014 dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 materi Ilmu Pengetahuan Alam mengingat implementasi kurikulum 2013 itu sendiri masih terhitung baru. Penulisan ini menggunakan metode penulisan kualitatif dengan jenis penelitian analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis). Setelah mengetahui gambaran kesesuaian isi buku teks dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 khususnya pada materi Ilmu Pengetahuan Alam di dalam penelitian ini maka hal tersebut diharapkan dapat menjadi acuan dan bahan pertimbangan bagi guru dalam memilih buku teks yang akan dijadikan sebagai sumber belajar di kelas. Studi kelayakan ini juga diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan bahan pertimbangan bagi penerbit atau penulis untuk perbaikan terbitan selanjutnya. Penulisan ini menggunakan pedoman dokumentasi yang didasarkan pada dimensi spiritual dimensi sosial dimensi pengetahuan dan dimensi keterampilan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Selanjutnya data dikumpulkan dan dinilai menggunakan teknik skoring yang disesuaikan dengan kriteria penilaian. Teknik analisis data berikutnya adalah menghitung presentase dari tiap butir dan tiap dimensi secara keseluruhan. Hasil analisis kesesuaian buku teks siswa kelas V SD/MI tema 1 organ gerak hewan dan manusia terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2014 dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 materi Ilmu Pengetahuan Alam adalah sebagai berikut (1) Kelayakan pada dimensi spiritual adalah sebesar 100% sehingga termasuk dalam kategori sangat layak/sesuai. (2) Kelayakan pada dimensi sosial adalah sebesar 100% sehingga termasuk ke dalam kategori sangat layak/sesuai. (3) Kelayakan pada dimensi pengetahuan adalah sebesar 100% sehingga termasuk dalam kategori sangat layak/sesuai. (4) Kelayakan pada dimensi keterampilan adalah sebesar 73% sehingga termasuk ke dalam kategori layak/sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193507

Actions (login required)

View Item View Item