Analisis kemampuan menemukan informasi penting pada teks narasi sejarah siswa kelas V SD Negeri 4 Pagak / Cahya Lailita Nopria N. - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan menemukan informasi penting pada teks narasi sejarah siswa kelas V SD Negeri 4 Pagak / Cahya Lailita Nopria N.

Nopria N., Cahya Lailita (2020) Analisis kemampuan menemukan informasi penting pada teks narasi sejarah siswa kelas V SD Negeri 4 Pagak / Cahya Lailita Nopria N. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan membaca merupakan keterampilan siswa dalam memahami setiap unsur yang terdapat pada teks bacaan untuk mendapatkan informasi. Salah satu tujuan membaca yaitu untuk mendapatkan informasi. Kemampuan menemukan informasi penting yaitu ketepatan siswa dalam memperoleh informasi baru dari teks dengan memahami serta memaknai setiap isi dan setiap kalimat dalam bacaan. Bacaan dapat ditemukan dalam teks salah satunya yaitu pada teks narasi sejarah. Berdasarkan hasil wawancara bahwa siswa masih merasa kesulitan dalam menemukan informasi penting pada teks. Berdasarkan hasil observasi yaitu siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menemukan informasi penting pada teks. Dari keadaan yang terjadi dilapangan diperlukan analisis secara mendalam tentang kemampuan siswa dalam menemukan informasi penting pada teks. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimana kemampuan siswa dalam menemukan informasi penting pada teks narasi sejarah siswa kelas V SD Negeri 4 PAGAK (2) Bagaimana kesulitan siswa dalam menemukan informasi penting pada teks narasi sejarah siswa kelas V SD Negeri 4 PAGAK. Jenis penelitian ini yaitu analisis deskriptif . Subjek dalam penelitian ini yaitu 33 siswa kelas V SD Negeri 4 PAGAK. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu (1) Aspek yang dikuasai siswa yaitu aspek kapan sedangkan aspek yang kurang dikuasai siswa yaitu aspek mengapa (2) Kesulitan yang dialami siswa dalam menemukan informasi penting pada teks yaitu sulit membedakan antara kalimat yang termasuk kedalam informasi penting dengan kalimat yang tidak termasuk dalam informasi penting dan siswa harus membaca secara berulang-ulang untuk menemukan informasi penting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193497

Actions (login required)

View Item View Item