Pengembangan media monopoli edukatif materi keberagaman budaya dengan penguatan karakter cinta tanah air pada kelas IV di Sekolah Dasar / Agnes Andhika Putra Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media monopoli edukatif materi keberagaman budaya dengan penguatan karakter cinta tanah air pada kelas IV di Sekolah Dasar / Agnes Andhika Putra Pratama

Pratama, Agnes Andhika Putra (2020) Pengembangan media monopoli edukatif materi keberagaman budaya dengan penguatan karakter cinta tanah air pada kelas IV di Sekolah Dasar / Agnes Andhika Putra Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurangnya media pembelajaran yang layak sehingga guru hanya menggunakan media cetak berupa poster gambar keberagaman budaya adalah landasan uatama dari penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Menghasilkan produk media Monopoli Edukatif mengenai keberagaman budaya dengan penguatan karakter cinta tanah air di kelas IV sekolah dasar yang valid berdasarkan ahli materi ahli media pengguna (guru) dan praktis berdasar pengguna (siswa). Penelitian ini menggunakan model Dick and Carey dengan sepuluh tahapan proses yang terdiri dari analisis kebutuhan analisis pembelajaran menganalisis siswa dan konteksnya menuliskan tujuan unjuk kerja mengembangkan instrument penelitian mengembangkan strategi pembelajaran pengembangan dan pemilihan bahan baku merancang dan melaksanakan evaluasi formatif merevisi pembelajaran merancang dan melaksanakan evaluasi sumatif. Terdapat dua data penelitian yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif didapat dari hasil uji validasi oleh ahli materi ahli media dan ahli pengguna serta hasil uji kepraktisan oleh pengguna yaitu siswa kelas IV. Sedangkan data kualitatif diproleh dari hasil wawancara dan saran untuk produk dari ahli materi ahli media dan ahli pengguna (guru) dan pengguna (siswa) yang menggunakan media Monopoli Edukatif tersebut. Hasil validasi ahli materi didapatkan persentase sebesar 100% ahli media persentase sebesar 83 3% dan validasi ahli pengguna (guru) persentase sebesar 91 6%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Monopoli Edukatif sangat valid dan dapat digunakan. Sedangkan untuk uji kepraktisan saat uji coba kecil dan uji coba lapangan berurut-urut mendapat persentase sebesar 93 3% dan 92%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Monopoli Edukatif praktis digunakan untuk pembelajaran. Saran yang dapat disampaikan adalah sebagai berikut (1) Bagi pengguna pengguna harus memahami aturan dan langkah permainan Monopoli Edukatif pengguna harus benar-benar merencanakan waktu dalam menggunakan media Monopoli Edukatif agar dapat terlaksana dengan maksimal dan efektif. (2) Bagi peneliti selanjutnya media Monopoli Edukatif materi keberagaman budaya dengan penguatan karakter cinta tanah air pada kelas IV di sekolah dasar masih terbatas pada baju adat tarian tradisional musik tradisional dan suku daerah untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangakan kabudayaan lain yang lebih luas media Monopoli Edukatif materi keberagaman budaya dengan penguatan karakter cinta tanah air pada kelas IV di sekolah dasar hanya diterapkan pada kelas IV untuk peneliti selanjutnya dapat diterapkan pada kelas lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193488

Actions (login required)

View Item View Item