Safitri, Ria Erfiana (2020) Implementasi model mind mapping pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas IV C SDN Kesatrian 1 Kota Malang / Ria Erfiana Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam proses pembelajaran tematik masih banyak ditemui pembelajaran yang didominasi oleh guru yang mengakibatkan rendahnya tingkat aktivitas siswa. Berdasarkan hasil observasi pada kelas IV C di SDN Kesatrian 1 Kota Malang dalam proses pembelajarannya guru tidak menggunakan model pembelajaran masih banyak ditemui siswa yang pasif pada proses pembelajaran banyak siswa yang terlihat bosan dalam mengikuti pembelajaran serta hasil belajar siswa yang rendah. Oleh karena itu perlu adanya tindakan yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dengan menggunakan model mind mapping. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengimplementasian model mind mapping serta peningkatan hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas IV C SDN Kesatrian 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian yang digunakan mengacu pada model Kemmis amp Mc. Taggart. Sumber data diperoleh dari guru serta siswa berdasarkan hasil tes observasi wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas IV C SDN Kesatrian 1 Kota Malang tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 85 7% menjadi 100 % pada siklus II. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 68 9% menjadi 81 1% pada siklus II. Persentase keterlaksanaan model mind mapping pada siklus I dan siklus II sebesar 100%. Serta persentase hasil belajar siswa pada siklus I 57 1% meningkat pada siklus II menjadi 85 7%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada setiap siklus terdapat peningkatan pada aktivitas guru aktivitas siswa keterlaksanaan model mind mapping serta hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model mind mapping telah dilaksanakan dengan baik oleh guru dan dapat diikuti dengan baik oleh siswa serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 7 subtema 1 pembelajaran 3 dan 4. Untuk itu disarankan guru dapat menerapkan model mind mapping pada pembelajaran tematik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas serta dapat mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Feb 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/193486 |
Actions (login required)
View Item |