Problematika penerapan metode eksperimen pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas V SD Negeri Kedungkandang 2 Malang / Irma Yunita Pradita - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika penerapan metode eksperimen pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas V SD Negeri Kedungkandang 2 Malang / Irma Yunita Pradita

Pradita, Irma Yunita (2020) Problematika penerapan metode eksperimen pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas V SD Negeri Kedungkandang 2 Malang / Irma Yunita Pradita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran saat ini mengacu pada Kurikulum 2013 dengan salah satu muatan yang diajarkan yaitu IPA. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas V SD Negeri Kedungkandang 2 Malang ditemukan jika guru menerapkan muatan IPA berbasis eksperimen. Namun terdapat kendala dalam penyusunan perencanaan pelaksaan dan penilaian pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Problematika penerapan metode eksperimen pada tema Peristiwa Dalam Kehidupan di kelas V SD Negeri Kedungkandang 2 Malang. Penelitian kualitatif ini menggunakan jenis studi kasus (Case Study). Hasil penelitian ini berupa deskripsi problematika guru dalam muatan IPA berbasis eksperimen yang ada pada tahap perencanaan pelaksaan dan penilaian pembelajaran di kelas V SD Negeri Kedungkandang 2 Malang. Instrumen penelitiannya meliputi wawancara observasi dan dokumentasi. Subjek penelitiannya yaitu Ibu Riqza Elfana wali kelas V SD Negeri Kedungkandang 2 Malang. Berdasarkan hasil wawancara observasi dan dokumentasi yang dilakukan peneliti menemukan problematika dalam pembelajaran berbasis eksperimen pada tahap pelaksanaan perencanaan dan penilaian pembelajaran. Pada tahap perencanaan pembelajaran ditemukan guru tidak menuliskan secara rinci tahap-tahap pada kegiatan eksperimen dan komponen pada RPP kurang lengkap. Pada pelaksanaan guru kesulitan mengontrol siswa dan pada penilaian pembelajaran guru kesulitan dalam membuat perencanaan sebelum melakukan penilaian guru hanya mengikuti pada buku guru revisi 2017 tanpa mengganti rubrik sesuai dengan realita yang terjadi pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan perbaikan pembelajaran di kelas V SD Negeri Kedungkandang 2 Malang. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan metode-metode pembelajaran lain yang dapat digunakan pada muatan IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193458

Actions (login required)

View Item View Item