Pengembangan e-lkpd berbasis hots pada tema 9 subtema 1 di kelas v sdn 2 bandungrejo kabupaten jepara / Milla Chamida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-lkpd berbasis hots pada tema 9 subtema 1 di kelas v sdn 2 bandungrejo kabupaten jepara / Milla Chamida

Chamida, Milla Chamida (2021) Pengembangan e-lkpd berbasis hots pada tema 9 subtema 1 di kelas v sdn 2 bandungrejo kabupaten jepara / Milla Chamida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang memadukan beberapa muatan dan materi dalam suatu pembelajaran. Dalam kurikulum 2013 Sekolah Dasar menuntut untuk kegiatan berpusat pada peserta didik dan guru sebagai fasilitator. Peserta didik diharapkan aktif menemukan suatu konsep dari materi yang dipelajari. Berdasarkan hasil wawancara observasi dan studi dokumenter yang dilakukan di kelas V SDN 2 Bandungrejo Kabupaten Jepara bahan ajar yang menunjang kegiatan peserta didik jumlahnya terbatas kurang menarik dan peserta didik kurang aktif dalam dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis HOTS pada tema 9 subtema 1 di kelas V yang valid menurut ahli materi ahli media guru dan menarik menurut peserta didik. Model penelitian dan pengembangan pada E-LKPD berbasis HOTS ini adalah menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis design development implementation dan evaluation. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara observasi dokumentasi dan angket. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data dilakukan melalui persentase kemudian hasilnya dikategorisasikan. Penilaian angket ahli materi ahli media dan guru menggunakan skala Likert. Untuk angket kemenarikan peserta didik menggunakan skala Guttman. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 96 42% yang masuk dalam kategori sangat valid. Hasil uji kevalidan oleh ahli media memperoleh persentase sebesar 93 75% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kevalidan yang dilakukan oleh guru memperoleh persentase 100% dengan kategori sangat valid. Sedangkan penilaian kemenarikan oleh peserta didik dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada uji coba skala kecil dan uji coba skala besar yang memperoleh persentase skor masing-masing 97 22% dan 93 81% termasuk dalam kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis HOTS pada tema 9 subtema 1 sangat valid menurut ahli materi ahli media dan guru serta sangat menarik menurut peserta didik. Disarankan dalam penggunaan dan penyempurnaan E-LKPD berbasis HOTS maka sebaiknya lebih teliti dan cermat dalam memahami buku petunjuk penggunaan harus disesuaikan dengan situasi kondisi dan karakteristik peserta didik maupun sekolah. Dalam penyempurnaan produk E-LKPD berbasis HOTS ini dapat ditindaklanjuti dengan menambah uji keefektifan dan kepraktisan serta dapat dikembangkan pada tema atau materi lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193436

Actions (login required)

View Item View Item