Pengembangan instrumen tes membaca pemahaman teks informatif berstandar PIRLS untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Ambar Sari Arifia Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen tes membaca pemahaman teks informatif berstandar PIRLS untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Ambar Sari Arifia Putri

Putri, Ambar Sari Arifia (2020) Pengembangan instrumen tes membaca pemahaman teks informatif berstandar PIRLS untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Ambar Sari Arifia Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Membaca pemahaman merupakan kemampuan memahami informasi yang terdapat dalam teks bacaan secara mendalam. Kemampuan membaca pemahaman penting dimiliki oleh siswa karena dapat meningkatkan keterampilan membaca dan mencapai tujuan membaca. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN 1 Gondanglegi Wetan pada Hari Senin 13 Januari 2020 diperoleh fakta bahwa belum ada instrumen tes khusus untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman siswa. Setelah kegiatan membaca guru hanya memberikan tes lisan untuk mengukur pemahaman siswa. Oleh karena itu perlu dikembangkan instrumen tes membaca pemahaman untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Instrumen tes membaca pemahaman yang dikembangkan mengacu pada standar PIRLS dengan alasan PIRLS merupakan studi internasional literasi membaca untuk kelas IV sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan dan mengujicobakan produk berupa instrumen tes membaca pemahaman teks informatif berstandar PIRLS yang layak untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan yang akan menghasilkan suatu produk untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang pendidikan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan Borg amp Gall yang dimodifikasi menjadi delapan tahapan penelitian. Adapun delapan tahapan penelitian meliputi (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji coba ahli (5) analisis dan revisi produk awal (6) uji coba kelompok kecil (7) uji coba kelompok besar (8) diseminasi dan implementasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini yaitu angket dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengembangan berupa instrumen tes membaca pemahaman yang terdiri dari tes membaca pemahaman untuk siswa kelas IV dan kunci jawaban dan pedoman penilaian untuk guru kelas IV sekolah dasar. Berdasarkan uji kelayakan instrumen tes membaca pemahaman memperoleh hasil persentase 92 72% dengan kategori sangat layak. Uji kepraktisan memperoleh hasil persentase 84 26% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan instrumen tes membaca pemahaman ditunjukkan oleh adanya peningkatan pada hasil post-test. Berdasarkan hasil uji kelayakan kepraktisan dan keefektifan dapat disimpulkan bahwa produk instrumen tes membaca pemahaman teks informatif berstandar PIRLS untuk siswa kelas IV sekolah dasar yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini layak digunakan oleh siswa dan guru kelas IV sekolah dasar. Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa instrumen tes membaca pemahaman teks informatif berstandar PIRLS untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Adapun saran pemanfaatan ditujukan pada guru kelas IV sekolah dasar. Saran deseminasi produk dilakukan dengan cara menyebarluaskan produk melalui forum MGMP atau melakukan sosialisasi kepada pihak sekolah secara langsung. Saran pengembangan produk ditujukan pada peneliti instrumen tes membaca pemahaman selanjutnya. Saran pengembangan produk perlu dilakukan pada jenis teks bacaan sastra. Selain itu produk juga dapat dikembangkan pada sasaran uji coba yang lebih luas melalui uji validasi kepada ahli bahasa dan ahli evaluasi serta uji coba pada guru kelas IV dan siswa kelas IV di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193350

Actions (login required)

View Item View Item