Ameylia, Carina Icha (2020) Problematika pembelajaran matematika materi pecahan kelas IV SDN Pisangcandi 2 Kota Malang / Carina Icha Ameylia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Ameylia Carina Icha. 2020.Problematika Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV SDN Pisangcandi 2 Kota Malang. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ni Luh Sakinah Nuraini S.Pd. M.Pd. (2) Drs. Syaiful Imam S.Pd. M.Pd. Kata kunci Problematika Pembelajaran Matematika Pecahan. Matematika merupakan ilmu yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang dipelajari oleh peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara awal pada tanggal 7 Januari 2020 yang dilakukan peneliti dengan guru wali kelas IV SDN Pisangcandi 2 dikatakan bahwa pembelajaran di SDN Pisangcandi 2 khususnya pada pembelajaran pecahan kebanyakan peserta didik masih belum mengerti mengenai cara mengubah bentuk pecahan. Peserta didik mengalami kesulitan pemahaman konsep materi bentuk pecahan yang mengakibatkan mereka sulit dalam menghitung operasi bentuk pecahan. Penelitian ini didesain menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dalam bentuk kalimat yang akan digunakan dalam mendeskripsikan secara terperinci mengenai problematika pembelajaran matematika materi pecahan kelas IV SDN Pisangcandi 2 Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus karena datanya mendalami suatu kasus pada femomena yang terjadi disuatu tempat. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan problematika perencanaan pembelajaran matematika materi pecahan kelas IV SDN Pisangcandi 2 Kota Malang (2) Mendeskripsikan problematika pelaksanaan pembelajaran matematika materi pecahan kelas IV SDN Pisangcandi 2 Kota Malang (3) Mendeskripsikan problematika evaluasi pembelajaran matematika materi pecahan kelas IV SDN Pisangcandi 2 Kota Malang. Hasil penelitian bahwa SDN Pisangcandi 2 Malang mengalami problematika perencanaan pembelajaran matematika terkait dengan RPP materi pecahan strategi pembelajaran model pembelajaran dan media pembelajaran. Problematika pelaksanaan pembelajaran matematika terkait dengan pendekatan mengkondusifkan kelas dan faktor kesulitan pembelajaran materi pecahan. Problematika Evaluasi/penilaian pembelajaran matematika materi pecahan terkait dengan penilaian kognitif penilaian afektif dan penilaian psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian dalam pembelajaran matematika mengalami problematika dalam perencanaan pembelajaran matematika pelaksanaan pembelajaran matematika dan evaluasi/penilaian pembelajaran matematika. Problematika muncul karena terjadi ketidakseimbangan ketika melaksanakan pembelajaran didalam kelas. Karena pendidik dan peserta didik memiliki kekurangan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jun 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/193348 |
Actions (login required)
View Item |