Peningkatan kemampuan menggali isi dan amanat puisi melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk menumbuhkan karakter kreatif pada siswa kelas IV di SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Gandes Pracika Mutiara - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menggali isi dan amanat puisi melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk menumbuhkan karakter kreatif pada siswa kelas IV di SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Gandes Pracika Mutiara

Mutiara, Gandes Pracika (2020) Peningkatan kemampuan menggali isi dan amanat puisi melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk menumbuhkan karakter kreatif pada siswa kelas IV di SDN Karangtengah 4 Kota Blitar / Gandes Pracika Mutiara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan yang dialami siswa dalam materi menggali isi dan amanat puisi yaitu siswa belum mampu menjawab tigkatan pertanyaan level pemahaman dari puisi seperti menjelaskan menguraikan dan membandingkan. Siswa juga belum mampu menjawab tigkatan pertanyaan level aplikasi dari puisi seperti pertanyaan bagaimana cara. Siswa juga belum mampu menjawab tigkatan pertanyaan level analisis dari puisi seperti pertanyaan mengapa. Siswa juga belum mampu menjawab tigkatan pertanyaan level sintesis dan evaluasi dari puisi. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk menerapkan model pembelajaran TPS pada materi menggali isi dan amanat puisi dengan penguatan karakter kreatif pada siswa kelas IV SDN Karangtengah 4 Kota Blitar serta mengetahui apakah penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan hasil belajar materi menggali isi dan amanat puisi dengan penguatan karakter kreatif kelas IV di SDN Karangtengah 4 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan siklus penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan refleksi yang berjalan dengan 2 siklus. Data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV di SDN Karangtengah 4 Kota Blitar yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang pertama adalah pengamatan/observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa saat pembelajaran berlangsung. Kedua observasi sebagai pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap suatu gejala yang tampak kepada objek penelitian ketiga tes. Analisis data penelitian yaitu dengan nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal. Peningkatkan proses pembelajaran lebih kondusif semua siswa memperhatikan penjelasan guru pada saat diberi penjelasan. Kelas menjadi kondusif interaktif siswa aktif dan pembelajaran berlangsung dengan menyenangkan. Siswa mengajukan diri untuk membacakan puisi karyanya dengan sopan dan santun. Kemampuan menulis puisi terjadi peningkatan dari rata-rata nilai diawal siklus atau pra siklus siklus I dan siklus II telah mengalami peningkatan dari 18 75% di awal siklus atau pra siklus dan terjadi peningkatan secara signifikan menjadi 65 62% di rsquo siklus satu selanjutnya menjadi 83 75% pada siklus dua. Berdasarkan PTK yang telah dilaksanakan di SDN Karangtengah 4 Kota Blitar maka terdapat saran bagi guru yaitu guru kendaknya lebih memaksimalkan diri dalam mengajar guru perlu menerapkan atau mengaplikasikan model pembelajaran TPS sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193343

Actions (login required)

View Item View Item