Pengembangan media flash 'Multiplication Maze" materi perkalian untuk siswa SD kelas II / Gideon Edwin Rismawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media flash 'Multiplication Maze" materi perkalian untuk siswa SD kelas II / Gideon Edwin Rismawan

Rismawan, Gideon Edwin (2020) Pengembangan media flash 'Multiplication Maze" materi perkalian untuk siswa SD kelas II / Gideon Edwin Rismawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada saat ini segala sesuatu dapat dengan mudah dikerjakan dengan teknologi. Guru diharapkan dapat paham akan teknologi karena siswa-siswa zaman sekarang sangat lekat akan teknologi. Hal ini dapat dilihat dari kehidupan sehari-hari dimana para siswa berhadapan dengan teknologi contohnya handphone dan laptop. Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan digunakan sebagai media pembelajaran. Salah satu keterampilan dasar yang diajarkan di SD adalah keterampilan dasar perkalian. Operasi hitung perkalian harus dikuasai oleh siswa sampai dengan taraf atau tingkatan terampil. Pada tahapan kelas II SD anak masih membutuhkan media dalam menangkap isi atau tujuan pembelajaran. Media pembelajaran sebaiknya mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).Pada dasarnya berdasarkan tuntutan perkembangan jaman media yang digunakan dalam matematika banyak apalagi dalam zaman teknologi sekarang. Salah satunya adalah memanfaatkan aplikasi komputer yaitu yaitu Adobe Flash Profesional CS sebagai salah satu Software pengembang media. Penelitian yang dilakukan termasuk pada penelitian pengembangan. Pengembangan media merupakan kegiatan yang mengahasilkan media pembelajaran melalui sebuah proses. Model yang diterapkan dalam pengembangan media yang berbasis IT dengan memanfaatkan program Adobe Flash adalah model pengembangan Plomp. Ada tiga fase atau tahapan dalam pengembangan Plomp yaitu 1) preliminary research (penelitian awal). 2) prototyping phase (tahap pengembangan) 3) assesment phase (tahap penilaian). Jenis data yang akan dipakai dalam pengembangan media pembelajaran yang memanfaatkan program pengembang Adobe Flash adalah data kualitatif dan kuantitatif. komentar kritik dan saran tentang media yang dikembangkan termasuk dalam data kualitatif. sedangkan data kuantitatif berupa penilaian terhadap media yang dikembangkan yang dikumpulkan melalui angket dari hasil validasi. Berdasarkan hasil penelitian media ldquo Multiplication Maze rdquo mendapatkan kriteria sangat valid dan dapat digunakan berdasarkan rata-rata nilai dari 2 ahli media mendapat nilai 0 83 rata-rata dari 3 ahli materi mendapat nilai 0 82 respon guru mendapat 100% dan respon siswa mendapat nilai 100%. Hal tersebut menunjukan bahwa media ldquo Multiplication Maze rdquo valid dan layak ketika digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan yaitu ldquo Multiplication Maze rdquo valid layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Diharapkan guru dapat mengkombinasikan penggunaan media dengan menggunakan model pembelajaran yang dinilai lebih efisien dan menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan agar siswa dapat termotivasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193340

Actions (login required)

View Item View Item