Pengaruh penggunaan media gambar berseri pada pembelajaran menulis karangan narasi bahasa indonesia kelas v sdn sidodadi 2 / Iffah Mardhiyah Fajar Fitria - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media gambar berseri pada pembelajaran menulis karangan narasi bahasa indonesia kelas v sdn sidodadi 2 / Iffah Mardhiyah Fajar Fitria

Fitria, Iffah Mardhiyah Fajar Fitria (2021) Pengaruh penggunaan media gambar berseri pada pembelajaran menulis karangan narasi bahasa indonesia kelas v sdn sidodadi 2 / Iffah Mardhiyah Fajar Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitria Iffah Mardhiyah Fajar. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri pada Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Bahasa Indonesia Kelas V SDN Sidodadi 2. Skripsi Prodi S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Muh Arafik S.Pd M.Pd. (II) Dr. Siti Mas rsquo ula. S.Pd M.Pd. Kata Kunci Gambar Berseri Menulis Karangan Narasi Pembelajaran Bahasa Indonesia diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berbahasa para siswa. Peran pendidik untuk memberikan arahan serta motivasi kepada siswa untuk lebih dalam mempelajari Bahasa Indonesia sangat penting. Adanya media pembelajaran dalam proses pembelajaran dapat membuat peserta didik lebih mudah memahami informasi. Penelitian ini menggunaan media gambar berseri pada pembelajaran menulis karangan narasi media ini dipilih karena masih minimnya tingkat keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan menulis siswa sebelum penggunaan media gambar berseri pada pembelajaran menulis karangan narasi Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Sidodadi 2 mengetahui keterampilan menulis siswa sesudah penggunaan media gambar berseri pada pembelajaran menulis karangan narasi Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Sidodadi 2 dan mengetahui pengaruh penggunaan media gambar berseri pada pembelajaran menulis karangan narasi Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Sidodadi 2. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan desain pra-eksperimen. Penelitian ini menggunakan model one group pretest posttest dimana dalam penelitian ini menggunakan satu kelas sebagai objek penelitian dengan jumlah sebanyak 17 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen tes. setelah diperoleh data dari instrumen kemudian data diolah pada uji prasyarat dengan bantuan SPSS for Windows 28.0 yang terdiri dari uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dianalisis data pada hasil pretest dan posttest terdapat pengaruh dalam keterampilan menulis menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas V SDN Sidodadi 2. Hasil uji hipotesis diperoleh taraf signifikasi (2-tailed) lt 0 05 (0 000 kurang dari 0 05) sehingga diperoleh sebuah kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dari uraian tersebut dapat diketahui bahwa penggunaan media gambar berseri pada pembelajaran menulis karangan narasi bahasa indonesia siswa kelas V SDN Sidodadi 2 memiliki pengaruh pada hasil karangan narasi siswa setelah menggunakan media gambar berseri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193337

Actions (login required)

View Item View Item