Analisis pendekatan saintifik dalam pembelajaran muatan IPS kelas V SDN 02 Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang / Dina Dwi Novia Fitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pendekatan saintifik dalam pembelajaran muatan IPS kelas V SDN 02 Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang / Dina Dwi Novia Fitri

Fitri, Dina Dwi Novia (2020) Analisis pendekatan saintifik dalam pembelajaran muatan IPS kelas V SDN 02 Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang / Dina Dwi Novia Fitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fitri Dina Dwi Novia. 2020. Analisis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Muatan Ips Kelas V SDN 02 Sumbermanjingwetan Kabupaten Malang. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Suhartono S.Pd. M.Pd (2) Drs. Imron Rosyadi Sy S.Pd. Kata Kunci Pendekatan Saintifik Pembelajaran Muatan IPS Pembelajaran meskipun telah melalui tahapan sistematis namun kemungkinan ditemukan beberapa hal yang kurang sesuai khususnya dalam penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis pembelajaran IPS menggunakan pendekatan saintifik SDN 02 Sumbermanjingwetan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan pendekatan saintifik pembelajaran IPS pada aspek mengamati menanya mencari informasi menalar dan mengkomunikasikan. Penelitian dilakukan dengan mencermati setiap aktivitas yang dipaparkan dalam pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa perencanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran di SDN 02 SumbermanjingWetan belum sepenuhnya sesuai dengan standar proses ada yang belum dirumuskan dan dikembangkan secara optimal diantaranya hari dan tanggal belum dicantumkan dan masih terbatas pada buku guru dan buku siswa. Pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran belum semuanya terlaksana pendekatan saintifik pada aspek mengamati masih kurang optimal terutama pada kegiatan mendengarkan dan menyimak. Pendekatan saintifik pada aspek menanya masih belum sepenuhnya diterapkan pada setiap pembelajaran terutama kegiatan memotivasi siswa membuat pertanyaan dan mengajukan pertanyaan. Pendekatan saintifik pada aspek mengumpulkan informasi dalam penerapannya masih kurang optimal terutama pada kegiatan membaca sumber lain. Dan untuk kegiatan mendemonstrasikan hasil kerja masih belum diterapkan pada seluruh pembelajaran. Pendekatan saintifik pada aspek menalar masih belum diterapkan secara optimal terutama pada kegiatan menyimpulkan. Pendekatan saintifik pada aspek mengkomunikasikan dalam penerapannya masih belum optimal maka perlu dimunculkan lagi terutama pada kegiatan menyajikan laporan secara lisan. penilaian pembelajaran dengan pendekatan saintifik yaitu penilaian sikap menggunakan teknik observasi penilaian pengetahuan menggunakan teknik penugasan dan tes tulis dan penilaian keterampilan dilakukan menggunakan teknik penilaian kinerja. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik yang terdapat dalam pembelajaran IPS masih kurang optimal. Untuk itu sebaiknya guru mengoptimalkan pembelajaran atau melakukan inovasi agar semua kegiatan dalam pendekatan saintifik dapat diterapkan serta guru data menggunakan buku panduan lain yang relevan untuk menunjang tercapainya penerapan pendekatan saintifik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193335

Actions (login required)

View Item View Item