Peningkatan hasil belajar tema panas dan perpindahannya melalui model snowball throwing berbasis demokratis kelas V SDN Kedungbunder 01 Kabupaten Blitar / Nanang Dwi Jatmiko - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar tema panas dan perpindahannya melalui model snowball throwing berbasis demokratis kelas V SDN Kedungbunder 01 Kabupaten Blitar / Nanang Dwi Jatmiko

Jatmiko, Nanang Dwi (2020) Peningkatan hasil belajar tema panas dan perpindahannya melalui model snowball throwing berbasis demokratis kelas V SDN Kedungbunder 01 Kabupaten Blitar / Nanang Dwi Jatmiko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Jatmiko Nanang Dwi. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Tema Panas dan Perpindahannya Melalui Model Snowball Throwing Berbasis Demokratis Kelas V SDN Kedungbunder 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Alif Mudiono M.Pd. (2) Ferril Irham Muzaki S.Pd. M.Pd Kata Kunci hasil belajar snowball throwing demokratis Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan permasalahan yaitu guru menggunakan model yang konvensional yaitu metode ceramah serta pemberian tugas terdapat beberapa siswa kurang aktif dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan guru jarang menggunakan media pembelajaran dan hasil belajar siswa relatif rendah dengan ketuntasan belajar klasikal pada tahap pratindakan sebesar 42% dengan kriteria perlu bimbingan. Berdasarkan permasalahan di atas perlu diterapkan model snowball throwing agar siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan hasil belajar siswa dengan penguatan karakter demokratis melalui model snowball throwing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksananakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara observasi tes catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Kedungbunder 01 Kabupaten Blitar. Data dianalisis melalui reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan baik aktivitas guru aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Siklus I aktivitas guru sebesar 73% siklus II menjadi 95%. Aktivitas siswa siklus I 70% siklus II menjadi 90%. Hasil belajar aspek pengetahuan siklus I 68% siklus II menjadi 88%. Aspek sikap percaya diri siklus I 59% meningkat pada siklus II menjadi 83% serta sikap tanggung jawab sebesar 63% pada siklus I menjadi 88%. Aspek karakter demokratis siklus I 63% siklus II menjadi 81%. Aspek keterampilan meringkas juga mengalami peningkatan dari siklus I 68% menjadi 88% pada siklus II. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilaksanakan di SDN Kedungbunder 01 Kabupaten Blitar dapat disimpulkan bahwa penerapan model snowball throwing dalam tema panas dan perpindahannya mata pelajaran Bahasa Indonesia dan IPS berbasis demokratis kelas V SDN Kedungbunder 01 Kabupaten Blitar dilaksanakan guru dan siswa dengan sangat baik dapat meningkatkan hasil belajar aspek pengetahuan aspek sikap percaya diri dan tanggung jawab karakter demokratis dan keterampilan meringkas dengan sangat baik pula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193334

Actions (login required)

View Item View Item