Pengembangan desain pembelajaran model cycle learning (5E) dalam pembelajaran nilai-nilai sikap sosial peserta didik kelas IIIC SDN Bareng 3 Kota Malang / Ni Made Ayu Wiratami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan desain pembelajaran model cycle learning (5E) dalam pembelajaran nilai-nilai sikap sosial peserta didik kelas IIIC SDN Bareng 3 Kota Malang / Ni Made Ayu Wiratami

Wiratami, Ni Made Ayu (2020) Pengembangan desain pembelajaran model cycle learning (5E) dalam pembelajaran nilai-nilai sikap sosial peserta didik kelas IIIC SDN Bareng 3 Kota Malang / Ni Made Ayu Wiratami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah dasar menuntut guru dan peserta didik untuk lebih aktif kreatif dan inovatif dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Peserta didik juga dituntut untuk mampu menguasai banyak keterampilan seperti berpikir kritis kreativitas komunikasi dan kolaborasi. Berdasarkan temuan saat melakukan observasi banyak peserta didik merasa bosan dalam proses pembelajaran dan menemukan fakta tentang kurangnya sikap disiplin dan toleransi antar teman. Desain pembelajaran diharapkan dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran dan memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini yaitu menghasilkan desain pembelajaran model cycle learning (5E) dalam pembelajaran nilai-nilai sikap sosial peserta didik kelas IIIC di SDN Bareng 3 Malang yang valid menurut ahli pembelajaran ahli materi dan pengguna (guru dan peserta didik). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze Design Development Implementation Evaluation). Hasil pengembangan berupa produk desain pembelajaran yaitu RPP LKPD Latihan soal dan kunci jawaban latihan soal. Desain pembelajaran ini dikembangkan untuk kelas III semester II tema 7 Perkembangan Teknologi subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan. Berdasarkan uji formatif kepada ahli desain pembelajaran mendapatkan hasil sebesar 93 75% 91% oleh ahli materi dan 94 3% oleh guru kelas. Uji coba terhadap peserta didik memperoleh hasil sebesar 96 2%. Berdasarkan validasi oleh para ahli terdapat beberapa catatan seperti gambar yang digunakan kurang jelas tulisan pada media lebih diperbesar soal-soal evaluasi dikembangkan media dihias agar lebih menarik dan menambahkan gambar pada media scrapbook. Setelah melakukan revisi produk yang dihasilkan berupa RPP LKPD latihan soal dan kunci jawaban latihan soal yang sudah valid. Produk yang dikembangkan ini dapat digunakan guru sebagai alternatif untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Peserta didik menjadi lebih tertarik dalam proses pembelajaran lebih bersemangat dan dapat meningkatkan nilai-nilai sikap sosial peserta didik. Alangkah lebih baiknya sebelum memanfaatkan desain pembelajaran ini guru memahami terlebih dahulu tahap-tahap model pembelajaran cycle learning (5E) guna tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193329

Actions (login required)

View Item View Item