Pengaruh penerapan metode speed reading terhadap kemampuan memahami isi bacaan dan hubungannya dengan minat baca peserta didik kelas V SDN Kedungkandang Malang / Ayuningtyas Afriani Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan metode speed reading terhadap kemampuan memahami isi bacaan dan hubungannya dengan minat baca peserta didik kelas V SDN Kedungkandang Malang / Ayuningtyas Afriani Pratiwi

Pratiwi, Ayuningtyas Afriani (2020) Pengaruh penerapan metode speed reading terhadap kemampuan memahami isi bacaan dan hubungannya dengan minat baca peserta didik kelas V SDN Kedungkandang Malang / Ayuningtyas Afriani Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia ini menjadi dasar ilmu pengetahuan yang lain dengan mengintegrasikan semua mata pelajaran menjadi satu bentuk tema yang berbasis teks. Ada empat keterampilan bahasa yang diajarkan di sekolah salah satunya adalah keterampilan membaca. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Kedungkandang 2 Malang fakta di lapangan menunjukan adanya kebiasaan membaca yang kurang baik dilakukan oleh peserta didik kelas V yang menghambatnya dalam kegiatan membaca sehingga peserta didik kurang memahami isi bacaan. Selain itu peneliti akan melihat apakah minat baca peserta didik berhubungan dengan kemampuan peserta didik dalam memahami isi bacaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) pengaruh penerapan metode speed reading terhadap kemampuan memahami isi bacaan (2) hubungan minat baca dengan kemampuan memahami isi baacaan Penelitian ini menggunakan pedekatan kuantitatif eksperimen dengan metode Quasi Experimental Design dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design dan penelitian korelasi. Sampel penelitian ini yaitu sebanyak 50 peserta didik kelas V SDN Kedungkandang 2 dengan 26 peserta didik kelas eksperimen dan 24 peserta didik kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini menggunakan dua variabel independen (variabel bebas) dan satu variabel dependen (variabel terikat). Variabel bebas yang ada dalam penelitian ini adalah metode speed reading (X1) dan minat baca (X2) sedangkan variabel terikat yang ada dalam penelitian ini adalah kemampuan memahami isi bacaan (Y). Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan angket. Sebelum digunakan instrumen di uji coba dan kemudian dilakukan uji data instrumen seperti uji validitas uji reliabilitas uji tingkat kesukaran butir soal dan uji daya beda butir soal. Setelah itu instrumen dapat digunakan di lapangan. Data yang sudah didapat kemudian diolah menggunakan uji analisis data yaitu uji analisis deskriptif uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Hipotesis dalam penelitian ini ada dua uji hipotesis pertama menunjukan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0 000 lt 0 05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk uji hipotesis ke dua menunjukan nilai Sig. (2-tailed) 0 410 gt 0 05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara metode speed reading dengan kemampuan memahami isi bacaan dan tidak terdapat hubungan antara miat baca dengan kemampuan memahami isi bacaan peserta didik kela V SDN Kedungkandang 2 Malang. Metode speed reading ini dapat diterapkan di sekolah untuk mengefektifkan waktu membaca peserta didik namun tidak meninggalkan makna yang terkandung didalam bacaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193324

Actions (login required)

View Item View Item