Problematika pembelajaran online ditinjau dari tipe kepribadian mahasiswa program studi PGSD Universitas Negeri Malang / Shimania Risma Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika pembelajaran online ditinjau dari tipe kepribadian mahasiswa program studi PGSD Universitas Negeri Malang / Shimania Risma Putri

Putri, Shimania Risma (2021) Problematika pembelajaran online ditinjau dari tipe kepribadian mahasiswa program studi PGSD Universitas Negeri Malang / Shimania Risma Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran online merupakan solusi kebijakan pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 dalam dunia pendidikan. Pembelajaran online idealnya tetap harus memberikan keuntungan bagi mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran online ditinjau dari tipe kepribadian mahasiswa program studi PGSD Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan tipe studi kasus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan lembar wawancara lembar dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu mulai dari tahap pendahuluan pengembangan desain pelaksanaan penelitian hingga penulisan laporan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat problematika pembelajaran online mahasiswa apabila ditinjau dari tipe kepribadiannya. Problematika mahasiswa dengan kepribadian extraversion yaitu cenderung tidak dapat berinteraksi dan bersosialisasi secara langsung dengan orang lain sehingga menjadikan mahasiswa tertekan stress bosan dan kesepian selama mengikuti pembelajaran online dan menyebabkan pembelajaran menjadi semakin tidak efektif. Problematika mahasiswa dengan kepribadian agreeableness yaitu pembelajaran online yang dilakukan di rumah sehingga menyebabkan mahasiswa memilih untuk mengikuti kelas dan bersamaan membantu pekerjaan rumah sehingga berdampak pada kurangnya konsentrasi belajar selama mengikuti pembelajaran. Problematika mahasiswa dengan kepribadian conscientiousness yaitu terdapat perbedaan tingkat kedisplinan mahasiswa dengan teman pada saat mengerjakan tugas secara kelompok sehingga menyebabkan penyelesaian dan pengumpulan tugas menjadi tidak tepat waktu. Problematika mahasiswa dengan kepribadian neuroticism yaitu kurangnya perhatian dosen dalam mengingatkan tugas yang diberikan kepada mahasiswa sehingga menyebabkan mahasiswa seringkali lupa untuk memantau tugas yang sudah diberikan permasalahan ini cenderung dapat menyebabkan mahasiswa menjadi tertekan stress dan emosi. Problematika mahasiswa dengan kepribadian openness yaitu kurangnya variasi dosen dalam menerapkan metode pembelajaran sehingga menyebabkan mahasiswa menjadi cepat bosan dan beralih untuk belajar hal lain diluar konteks perkuliahannya. Meskipun sadar akan dampak yang dirasakan namun mahasiswa mengaku tidak ingin meninggalkan kegiatan barunya tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193290

Actions (login required)

View Item View Item