Kesiapan tutor dalam proses self directed learning pada pembelajaran kesetaraan berbasis daring (studi kasus di uptd spnf skb negeri kababupaten malang) / Fanni Aji Setiyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesiapan tutor dalam proses self directed learning pada pembelajaran kesetaraan berbasis daring (studi kasus di uptd spnf skb negeri kababupaten malang) / Fanni Aji Setiyawan

Setiyawan, Fanni Aji Setiyawan (2021) Kesiapan tutor dalam proses self directed learning pada pembelajaran kesetaraan berbasis daring (studi kasus di uptd spnf skb negeri kababupaten malang) / Fanni Aji Setiyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi akibat adanya pandemi covid 19. Sehingga pembelajaran harus dilakukan menjadi pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring. Sehingga tutor perlu beradaptasi dalam proses pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesiapan tutor dalam proses self direct learning pada program kesetaraan berbasis daring yang bertempat di UPTD SPNF SKB Negeri Kabupaten malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penlitian studi kasus. Sumber data primer diambil melalui teknik wawancara dengan informan kunci para tutor muda dan tutor sepuh di UPTD SPNF SKB Negeri Kabupaten Malang. Sumber data sekunder diambil dengan menggunakan teknik wawancara kepada pengelola dan kepala UPTD SPN SKB Negeri Kabupaten Malang. Studi dokumentasi di ambil hanya sebatas penguat dari proses self direted learning tutor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tutor melalakukan upaya dalam menambah pengetahuan mengenai pembelajaran daring. Hal ini dilakukan dengan insiatif sendiri berdasarkan kebutuhan belajarnya. Setelah tutor mengetahui apa yang dibutuhkan dalam penunjang pembelajaran daring tutor menentukan sumberbelajar dengan cara sharing sesama tutor mengikuti pelatihan dan webinar. Pada tahap perencanaan tutor terbilang spontan untuk mengikuti pelatihan atau webinar yang sesuai dengan kebutuhan belajarnya. Motivasi menjadi poin penting dalam mendorong tutor melakukan belajar mandiri. Selain itu dukungan keluarga juga menjadikan dorongan terkuat agar tutor tetap belajar mandiri. Tanpa ada motivasi yang kuat tidak akan terlaksana dengan baik proses self ditrected learning. Saran bagi lembaga untuk turut aktif dalam pengembangan model-model pembelajaran daring serta memperhatikan SDM yang dimiliki agar terciptanya pembelajaran yang efektif tentunya dengan mengembangkan tutor-tutor yang ada di UPTD SPNF SKB Negeri Kabupaten Malang. Saran Bagi tutor tetap belajar mandiri untuk meningkatkan pengetahuan yang belum dimiliki. Begitu juga saran bagi penelitian selanjutnya untuk dapat mengembangkan lebih luas lagi mengenai penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193282

Actions (login required)

View Item View Item