Efektivitas program bimbingan perkawinan untuk menyiapkan calon pengantin dalam berumah tangga / Ahmat Solikin - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas program bimbingan perkawinan untuk menyiapkan calon pengantin dalam berumah tangga / Ahmat Solikin

Solikin, Ahmat (2020) Efektivitas program bimbingan perkawinan untuk menyiapkan calon pengantin dalam berumah tangga / Ahmat Solikin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bimbingan perkawinan adalah proses bantuan terhadap individu agar dalam menjalankan pernikahan dan kehidupan rumah tangga bisa selaras dengan ketentuan dan petunjuk agama. Tujuan bimbingan pernikahan pada intinya mengacu pada tujuan global yaitu mengurangi tingkat perceraian. Namun terdapat banyak sisi lain dari binwin yaitu memberikan edukasi dan bimbingan kepada calon pengantin dalam menghadapi kehidupan rumah tangga. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas bimbingan perkawinan dari segi sosialisasi program tujuan program dan pemantauan program yang berada di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Penelitian dilakukan di Kedungkandang Kota Malang dengan jumlah populasi 160 orang peserta Bimbingan Perkawinan yang tersebar di 12 kelurahan di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Pengambilan data menggunakan simple ramdom sampling sebanyak 114 peserta yang telah mengikuti program bimbingan perkawinan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu 29 pertanyaan. Pada penelitian ini menggunakan variabel mandiri yaitu efektivitas program bimbingan perkawinan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektivitas program bimbingan perkawinan untuk menyiapkan calon pengantin di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang termasuk kategori efektif. Ditinjau dari sosialisasi program termasuk dalam kategori efektif dari segi tujuan program termasuk kategori efektif dan dari segi pemantauan program termasuk dalam kategori efektif. Hal tersebut menunjukkan bahwa program bimbingan perkawinan di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dikategorikan efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan untuk program bimbingan perkawinan perlu ditingkatkan pelaksanaan program bimbingan perkawinan agar semakin merata dan berkualitas. Pelaksanaan bimbingan perkawinan disarankan menambah kuota peserta yang terlibat dalam program agar setiap calon pengantin mendapat bekal ilmu yang sama dari Kementrian Agama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193260

Actions (login required)

View Item View Item