Kesiapan pelaku pernikahan dini dalam menjalankan peran sebagai orang tua di Kecamatan Kedungkandang / Alex Dwi Cahyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesiapan pelaku pernikahan dini dalam menjalankan peran sebagai orang tua di Kecamatan Kedungkandang / Alex Dwi Cahyono

Cahyono, Alex Dwi (2020) Kesiapan pelaku pernikahan dini dalam menjalankan peran sebagai orang tua di Kecamatan Kedungkandang / Alex Dwi Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pernikahan dini merupakan pernikahan yang dilakukan oleh mempelai yang salah satunya atau keduanya belum memenuhi batas usia yang telah ditentukan oleh undang-undang. Orang yang melakukan pernikahan dini disebut juga sebagai pelaku pernikahan dini. Di Kecamatan Kedungkandang menjadi salah satu Kecamatan di Kota Malang dengan tingkat pernikahan dini yang cukup tinggi. Dari keseluruhan pernikahan dini yang terjadi sebagian besar dilakukan karena terjadi hal-halyang tidak diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kesiapan para pelaku pernikahan dini dalam menjalankan peran barunya sebagai orangtua yang dilihat dari beberapa aspek yaitu orangtua sebagai modelling mentoring organizing dan teaching. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa angket dalam bentuk googleform yang telah melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan untuk menganalisis hasil penelitian tersebut peneliti menggunakan analisis persentase yang sebelumnya telah melalui tahap pemeriksaan tahap coding tahap tabulasi dan tahap analisis statistik menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku pernikahan dini di Kecamatan Kedungkandang dilihat dari peran sebagai orangtua pada aspek modelling dinyatakan siap meskipun belum sepenuhnya siap dilihat dari aspek orangtua sebagai mentoring juga dinyatakan siap meski belum mencapai nilai yang sempurna dari aspek orangtua sebagai organizing dinyatakan siap walaupun nilai yang dicapai lebih rendah dari aspek-aspek yang lain dan dari aspek orangtua sebagai Teaching dinyatakan siap meski belum mencapai nilai maksimal. Dan dari keseluruhan jawaban dari settiap aspek yaitu kesiapan pelaku pernikahan dini dalam menjalankan peran sebagai orangtua dinyatakan siap walaupun nilai yang dimiliki tidak cukup tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) untuk pelaku pernikahan dini agar lebih berusaha untuk menjadi orangtua yang siap bagi anak karena hal tersebut berpengaruh sekali pada tumbuh kembang anak dan potensi diri pada anak. (2) adanya lembaga yang bisa berpengaruh dalam menekan angka pernikahan dini karena pada dasarnya menikah butuh kesiapan dari masing-masing pihak tanpa kesiapan yang matang rumahtangga tidak akan kokoh dan hal tersebut berpengaruh pada perkembangan anak dan sifatnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2020 04:29
Last Modified: 16 Dec 2022 03:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193217

Actions (login required)

View Item View Item