Sholihah, Vira Maratus Sholihah (2021) Implementasi program double track pada sma panjura malang dalam meningkatkan outcome peserta didik / Vira Maratus Sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sholihah Vira Maratus. 2021. Implementasi Program Double Track pada SMA Panjura Malang dalam Meningkatkan Outcome Peserta Didik. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sunarni S.Pd M.Pd (II) Wildan Zulkarnain S.Pd. M.Pd. Kata Kunci program double track outcome peserta didik keterampilan kewirausahaan life skill Keterampilan pada masa ini sangat diperlukan oleh peserta didik selain mempunyai ijazah pengembangan keterampilan merupakan bagian dari life skill yang pasti sangat penting bagi peserta didik baik untuk masa kini maupun masa depan. Oleh karena itu Salah satu program yang digagas oleh Pemerintah provinsi Jawa Timur adalah program double track. Program double track merupakan program unggulan provinsi Jawa Timur di bidang pendidikan. Salah satu sekolah yang menerapkan program double track yakni di SMA Panjura Kota Malang dimana implementasi double track sudah terwujud dengan menerapkan program double track kepada peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Indikator keberhasilan dari program double track di SMA Panjura Kota Malang (2) Tindak lanjut yang dilakukan terkait besarnya indikator keberhasilan program double track di SMA Panjura Kota Malang (3) Kendala yang dialami SMA Panjura Kota Malang dalam menerapkan program double track (4) Solusi apa yang dapat dilakukan guna mengatasi kendala yang terjadi pada penerapan program double track di SMA Panjura Kota Malang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan melalui pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam observasi dan dokumentasi. Lalu analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam proses pengecekan keabsahan data peneliti menerapkan ketekunan pengamatan dan pengecekan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program double track belum bisa berjalan dengan efektif dikarenakan beberapa kendala dimana solusi dari kendala telah diuapayakan seefektif mungkin dengan beberapa hasil berikut (1) Guna mengukur keberhasilan program double track baik dari siswa maupun alumni maka ditentukan beberapa indikator. Indikator pengukuran yang dirumuskan antara lain besarnya kemauan anak-anak (alumni) untuk membuka usaha sendiri siswa menunjukkan antusiasme dan rasa ingin tahu yang besar saat mengikuti program double track dan banyaknya alumni yang berhasil membuka usaha sendiri dengan pendataan dari sekolah (2) Menindaklanjuti keberhasilan program double track yang dikaji dari indikator maka dilakukan beberapa upaya tindak lanjut. Tindak lanjut yang dilakukan pihak sekolah berupa pemantauan melalui hubungan komunikasi guru melalui grup-grup jurusan saat mengikuti program double track dan membantu alumni yang sudah membuka usaha atau akan membangun usaha dengan cara memberikan pengarahan dan membantu pemasaran produk. Upaya tindak lanjut ini bertujuan untuk mewujudkan keberhasilan program dalam jangka panjang (3) Pada pelaksanaan program double track ditemukan beberapa kendala yang menghambat keefektifan jalannya program. Beberapa kendala yang terjadi yaitu adanya kondisi pandemi Covid-19 yang berlangsung menyebabkan praktik sulit untuk dilaksanakan aspek internal dari siswa berupa kemauan atau minat anak untuk mengikuti program dan aspek finansial atau keterbatasan pembiayaan mandiri dari pihak sekolah yang berimbas pada kurang lengkapnya sarana dan prasarana untuk pelaksanaan program double track (4) adanya kendala yang terjadi pada program double track di minimalisir dengan solusi yang dirasa tepat oleh sekolah. Solusi yang dikaji dan diterapkan antara lain melakukan pendekatan persuasif dengan siswa untuk menumbuhkan minat atau kemauan dalam diri siswa melakukan penyampaian teori atau konsep melalui daring misalnya dengan pembelajaran dengan video interaktif dan mengkaji rencana untuk menjalin kerja sama dengan Balai Latihan Kerja agar program double track lebih efektif dan menghasilkan output dan outcome yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/193204 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |