Pengaruh pembinaan guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di Kabupaten Madiun / Desi Retno Nugraheni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembinaan guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di Kabupaten Madiun / Desi Retno Nugraheni

Nugraheni, Desi Retno (2021) Pengaruh pembinaan guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di Kabupaten Madiun / Desi Retno Nugraheni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam rangka meningkatkan kinerja seorang guru perlu adanya suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan dan mendorong semangat dalam melaksanakan tugas. Pembinaan guru sangat membantu guru dalam melaksanakan tugas maupun kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembinaan ini tidak lepas dari peran kepala sekolah yang ada di sekolah tersebut agar memberikan layanan yang profesional dan mendorong semangat guru dalam bekerja. Dengan begitu jika pembinaan dan motivasi ini saling berjalan dengan baik maka akan berdampak baik pula pada kinerja guru tersebut nantinya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan tingkat pembinaan yang dilakukan pada guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Madiun (2) Mendeskripsikan tingkat motivasi kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Madiun (3) Mendeskripsikan tingkat kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Madiun (4) Mengetahui pengaruh pembinaan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Madiun (5) Mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Madiun dan (6) Mengetahui pengaruh pembinaan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Terdapat beberapa teknis analisis yang digunakan yaitu (1) analisis deskriptif (2) uji asumsi dan (3) regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar negeri akreditasi A Kabupaten Madiun. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Total sampling adalah peneliti menggunakan semua populasi sebagai sampel. Dari populasi sebanyak 100 guru. Sehingga sampel diperoleh sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Tingkat pembinaan guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Madiun diperoleh hasil dengan persentase sebesar 59% termasuk dalam kategori sangat tinggi (2) Tingkat motivasi kerja Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Madiun diperoleh hasil dengan persentase sebesar 51% termasuk dalam kategori tinggi (3) Tingkat kinerja guru Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Madiun diperoleh hasil dengan persentase sebesar 69% termasuk dalam kategori sangat tinggi (4) Ada pengaruh pembinaan guru terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Madiun (5) Ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Madiun dan (6) Ada pengaruh pembinaan guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Madiun. Saran yang dapat diberikan antara lain bagi (1) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun Sebagai pihak yang menaungi para guru supaya pihak dinas dapat terus mempertahankan tingkat kinerja guru dilihat berdasarkan pada penelitian menunjukkan hasil sangat tinggi. Sehingga hal tersebut dapat menunjang mutu pendidikan yang semakin baik dan optimal untuk ke depannya (2) Kepala Sekolah di sekolah dasar negeri Kabupaten Madiun Sebagai seorang kepala sekolah pendampingan maupun pembinaan pada guru perlu dilakukan dengan intensitas yang tinggi agar dapat menguasai dan menerapkan yang disampaikan kepala sekolah dan tujuan motivasi kerja dapat terwujud sesuai dengan sasaran yang diharapkan. Pemberian motivasi disesuaikan dengan kondisi guru tersebut agar bisa bermanfaat. Sehingga guru bersemangat dalam melaksanakan tugas serta mampu meningkatkan kinerjanya (3) Guru sekolah dasar negeri Kabupaten Madiun Guru dalam meningkatkan kompetensi dan melaksanakan tugas dengan baik maka komunikasi dan kerjasama dengan kepala sekolah untuk terus ditingkatkan. Harus bersungguh-sungguh dalam melaksanakan pembinaan dengan baik dan tepat. Jika para guru terus meningkatkan kualitas diri dalam mengajar dan motivasi yang tinggi akan meningkatkan kinerja dengan baik dan (4) Bagi peneliti lain Supaya dapat memperbaiki dan menyempurnakan isi yang ada pada penelitian ini. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat dilakukan pada tempat penelitian yang lain serta pada jenjang maupun objek yang berbeda pula sesuai dengan kondisi institusi yang memiliki keragaman yang banyak. Diharapkan peneliti lain dapat menggunakan variabel ini dengan memperbaiki dan menyempurnakan hal-hal yang terkait di dalamnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193191

Actions (login required)

View Item View Item