Implementasi pendidikan kewirausahaan bagi mahasiswa melalui edupreneurship center / Yoga Abi Zakaria - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan kewirausahaan bagi mahasiswa melalui edupreneurship center / Yoga Abi Zakaria

Zakaria, Yoga Abi (2021) Implementasi pendidikan kewirausahaan bagi mahasiswa melalui edupreneurship center / Yoga Abi Zakaria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wirausahawan adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk melihat dan menilai kesempatan-kesempatan yang ada di sekitar mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dari itu kemudian mengambil tindakan yang tepat dan daya guna mencapai kesuksesan secara finansial. Kemampuan dalam berwirausaha tidak serta merta muncul secara langsung dalam diri seseorang namun perlu adanya sebuah proses pendidikan dalam mencapai hasil yang optimal. Letak pendidikan kewirausahaan dalam dunia pendidikan dan/atau manajemen pendidikan pada khususnya merupakan penting dalam membangun ekonomi mandiri di era revolusi industri 4.0 ini dimana batas-batas perdagangan internasional semakin terbuka secara lebar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi pendidikan kewirausahaan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (FIP UM) (2) menemukan peran Edupreneurship Center terhadap mahasiswa di FIP UM (3) mendeskripsikan hambatan-hambatan dalam implementasi pendidikan kewirausahaan di FIP UM dan (4) menemukan strategi pengembangan dalam pendidikan kewirausahaan melalui Edupreneurship Center. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Informan kunci yang diteliti merupakan ketua tim pengembang kewirausahaan FIP UM sedangkan untuk informan lainnya yakni staf kemahasiswaan FIP UM pengurus stan Edupreneurship Center sekaligus pengurus organisasi mahasiswa (BEM amp HMJ) mahasiswa FIP UM. Data yang diperoleh dari informan dengan menggunakan ketiga teknik pengumpulan data selanjutnya dianalisis mengunakan teknik Miles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi ketekunan peneliti (persistent observation) member check dan kecakupan bahan referensi. Ditemukan bahwa (1) implementasi pendidikan kewirausahaan bagi mahasiswa FIP UM melalui Edupreneurship Center berfokus pada pembelajaran kewirausahaan secara praktik yakni mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan mengaplikasikan kegiatan kewirausahaan mulai dari perencanaan bisnis (business plan) pelatihan kewirausahaan seminar peminjaman modal sampai pada akhirnya melakukan aktivitas jual beli di stan yang telah disediakan (2) peran Edupreneurship Center dalam pengembangan kewirausahaan mahasiswa FIP UM antara lain berperan aktif dalam pengembangan kemampuan kewirausahaan serta menyediakan sarana dan prasarana guna mendukung pembelajaran kewirausahaan. Lebih daripada itu Edupreneurship Center juga berperan dalam pendidikan kewirausahaan dengan menyediakan berbagai pelatihan seminar rapat pendampingan monitoring dan evaluasi serta permodalan usaha (3) hambatan dalam menjalankan Edupreneurship Center antara lain Edupreneurship Center yang dapat disebut sebagai unit belum memberikan informasi secara menyeluruh kepada mahasiswa FIP UM. Terbatasnya akses informasi tersebut dikarenakan oleh pemasaran lembaga yang kurang baik (4) strategi dalam pengembangan kewirausahaan di Edupreneurship Center antara lain mahasiswa sebelum memulai suatu bisnis diwajibkan untuk membuat proposal bisnis terlebih dahulu. Proposal bisnis tersebut berupa rencana usaha yang juga bisa disebut dengan business plan. Saran dalam penelitian ini yakni (1) bagi ketua tim pengembang kewirausahaan FIP UM dapat lebih memperhatikan jajaran tim pengembang lain yang berada pada surat tugas guna memastikan jalannya tugas pokok dan fungsi setiap bidang tim pengembang. Media informasi dan komunikasi seperti penggunaan media sosial instagram youtube atau website yang dikelola oleh Edupreneurship Center lebih baiknya dikelola oleh salah satu tim bekerja sama dengan mahasiswa guna menyebarkan informasi resmi terkait kegiatan pengumuman atau yang lainnya sehingga mahasiswa umum dapat dipermudah dalam mencari informasi (2) bagi mahasiswa rekomendasi yang diberikan oleh peneliti ialah mengenai keaktifan mencari informasi dan berperan aktif dalam kegiatan kewirausahaan yang diselenggarakan oleh FIP UM yakni Edupreneurship Center (3) bagi peneliti lain dalam menjalankan penelitian baiknya menggali lebih luas terkait dengan sejarah dan dasar hukum seputar Edupreneurship Center di FIP UM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:29
Last Modified: 10 Oct 2023 03:46
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193190

Actions (login required)

View Item View Item