Pengaruh pembelajaran multikultural terhadap pengembangan karakter siswa sekolah menengah atas di kecamatan klojen kota malang / Ariq Maulana Rachmadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran multikultural terhadap pengembangan karakter siswa sekolah menengah atas di kecamatan klojen kota malang / Ariq Maulana Rachmadi

Rachmadi, Ariq Maulana Rachmadi (2021) Pengaruh pembelajaran multikultural terhadap pengembangan karakter siswa sekolah menengah atas di kecamatan klojen kota malang / Ariq Maulana Rachmadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rachmadi Ariq Maulana. 2021. Pengaruh Pembelajaran Multikultural Terhadap Pengembangan Karakter Siswa SMA di Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mustingsih M.Pd (II) Desi Eri Kusumaningrum S.Pd M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Multikultural Pengembangan Karakter Pengembangan karakter peserta didik tersebut salah satunya dibentuk melalui proses pembelajaran multikultural dimana disetiap proses pembelajaran yang diberikan guru terhadap siswa dapat mencakup atau melibatkan seluruh siswa tanpa membedakan dari segi agama budaya dan adat istiadat dengan salah satu contohnya pembentukan kelompok culture agar didalam kelompok tersebut terdapat banyak perbedaan yang membuat para siswa dapat belajar dari perbedaan tersebut yang dapat membuat atau mendorong peserta didik tersebut untuk menjadi lebih baik dan memiliki karakter yang positif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pembelajaran multikultural di SMA Kecamatan Klojen Kota Malang (2) Mengetahui pengembangan karakter siswa SMAdi Kecamatan Klojen Kota Malang (3) Menjelaskan pengaruh dan seberapa besar tingkat pengaruh pembelajaran multikultural terhadap pengembangan karakter siswa SMA di Kecamatan Klojen Kota Malang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan melalui pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui angket. Lalu analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif pengujian prasyarat analisis perhitungan analisis korelasi dan pengujian hipotesis. Simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu tingkat pembelajaran multikultural di SMA kecamatan klojen masih tergolong sedang dan hanya beberapa indikator yang diuji oleh peneliti yang mendapatkan hasil tinggi. Dan untuk tingkat pengembangan karakter di SMA kecamatan klojen masih tergolong sedang dan hanya beberapa indikator yang diuji oleh peneliti yang tergolong tinggi. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran multikultural terhadap pengembangan karakter siswa di SMA Kecamatan Klojen Kota Malang. Berdasarkan simpulan penelitian dapat disarankan kepada (1) Bagi Kepala SMA di Kecamatan Klojen Kota Malang diharapkan dapat ditingkatkan oleh kepala sekolah dengan mengajak para guru untuk menentukan menetapkan memberikan inovasi-inovasi dan melaksanakan mekanisme pembelajaran multikultural yang lebih efektif Bagi Guru SMA di Kecamatan Klojen Kota Malang diharapkan dari hasil penelitian ini guru dapat berinovasi untuk menciptakan metode mengajar yang menarik terlebih dalam hal yang beragam dan melibatkan semua siswa dan nantinya diharapkan prestasi belajar dan karakter siswa akan meningkat (3) Bagi Siswa SMA di Kecamatan Klojen Kota Malang diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi siswa utuk mengetahui kondisi tingkat karakter yang dimiliki saat ini dan memahami pentingnya meningkatkan karakter dalam keempat aspek tersebut (4) Bagi peneliti lain diharapkan penelitian ini dapat dapat dijadikan bahan rujukan dan masukan sehingga dapat dikembangkan oleh peneliti lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193185

Actions (login required)

View Item View Item