Putri, Abida Ferindistika Putri (2021) Pengaruh pelaksanaan pembinaan profesional, iklim sekolah dan komitmen terhadap kinerja guru pada sekolah menengah pertama negeri di kabupaten tulungagung / Abida Ferindistika Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kinerja guru dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya pelaksanaan pembinaan profesional iklim sekolah dan komitmen. Berdasarkan studi pendahuluan pada salah satu SMPN di Kabupaten Tulungagung menjelaskan bahwa sekolah telah melakukan upaya peningkatan kinerja guru dengan melalui kegiatan-kegiatan pembinaan guru. Baik melalui supervisi maupun kegiatan lainnya yang dirancang untuk meningkatkan kinerja guru. Sekolah tersebut juga menjelaskan bahwa iklim sekolah tergolong kondusif. Iklim sekolah yang kondusif tersebut berpengaruh baik pada kinerja guru. Upaya sekolah menciptakan iklim kondusif dengan membangun suasana toleransi kerja sama komunikasi menyelaraskan tujuan dan saling memberikan dukungan antar-guru baik guru senior maupun guru junior. Komitmen guru juga ditegaskan memiliki tingkatan yang tinggi dengan upaya menjalin komunikasi yang baik antar-guru. Adanya komunikasi tersebut dapat meningkatkan komitmen guru. Dengan demikian faktor-faktor kinerja guru tersebut membentuk kinerja guru yang tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui kinerja guru pada SMP Negeri di Kabupaten Tulungagung (2) mengetahui pelaksanaan pembinaan profesional pada SMP Negeri di Kabupaten Tulungagung (3) mengetahui situasi iklim sekolah pada SMP Negeri di Kabupaten Tulungagung (4) mengetahui komitmen pada SMP Negeri di Kabupaten Tulungagung (5) mendeskripsikan pengaruh pelaksanaan pembinaan profesional terhadap kinerja guru pada SMP Negeri di Kabupaten Tulungagung (6) mendeskripsikan pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru pada SMP Negeri di Kabupaten Tulungagung (7) mendeskripsikan pengaruh komitmen terhadap kinerja guru pada SMP Negeri di Kabupaten Tulungagung (8) mendeskripsikan pengaruh pelaksanaan pembinaan profesional iklim sekolah dan komitmen terhadap kinerja guru pada SMP Negeri di Kabupaten Tulungagung. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian yaitu guru sekolah menengah pertama negeri di Kabupaten Tulungagung sebanyak 334 orang dari jumlah populasi 2.028 orang. Responden mengisi angket yang bersifat tertutup. Angket sebelumnya telah melalui proses uji coba dengan standar uji validitas dan reliabilitas untuk digunakan pada sampel penelitian. Analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif serta regresi ganda dibantu dengan program IBM Statistics 20. Diperoleh kesimpulan penelitian sebagai berikut (1) kinerja guru pada SMP Negeri di Kabupaten Tulungagung berada pada kategori tinggi (2) pelaksanaan pembinaan profesional pada SMP Negeri di Kabupaten Tulungagung berada pada kategori tinggi (3) iklim sekolah pada SMP Negeri di Kabupaten Tulungagung berada pada kategori tinggi (4) komitmen pada SMP Negeri di Kabupaten Tulungagung berada pada kategori tinggi (5) ada pengaruh pelaksanaan pembinaan profesional terhadap kinerja apabila pelaksanaan pembinaan profesional mengalami peningkatan maka kinerja akan mengalami peningkatan (6) ada pengaruh iklim terhadap kinerja apabila iklim mengalami peningkatan maka kinerja akan mengalami peningkatan (7) ada pengaruh komitmen terhadap kinerja apabila komitmen mengalami peningkatan maka kinerja akan mengalami peningkatan (8) ada pengaruh pelaksanaan pembinaan profesional iklim sekolah dan komitmen terhadap kinerja apabila pelaksanaan pembinaan profesional iklim sekolah dan komitmen mengalami peningkatan maka kinerja akan mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/193184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |