Hubungan servant leadership kepala sekolah, perilaku organisasi, dengan kinerja guru di sma negeri se kota malang / Roby Muhammad Gunawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan servant leadership kepala sekolah, perilaku organisasi, dengan kinerja guru di sma negeri se kota malang / Roby Muhammad Gunawan

Gunawan, Roby Muhammad Gunawan (2021) Hubungan servant leadership kepala sekolah, perilaku organisasi, dengan kinerja guru di sma negeri se kota malang / Roby Muhammad Gunawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kinerja guru adalah derajat keberhasilan guru dalam melaksanakan tugas pendidikan sesuai dengan tanggung jawab dan wewenangnya berdasarkan standar yang ditetapkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Kinerja guru dikembangkan melalui upaya pelaksanaan gaya kepemimpinan servant leadership kepala sekolah dengan menerapkan sikap rendah hati percaya terhadap kemampuan bawahannya mau mendengarkan aspirasi bawahannya dan empati terhadap bawahan dengan didukung perilaku organisasi yang positif seperti membangun kerjasama saling menghargai percaya terhadap sesama inovatif dan yakin akan pengembangan diri maka akan berpengaruh pada kinerja sehingga produktivitas pekerjaan akan meningkat. Kinerja guru juga dapat ditingkatkan melalui perilaku organisasi yang baik. Guru yang memiliki komitmen dan loyalitas kerja yang tinggi terhadap perilaku organisasi menjadikan suatu identitas bagi sekolah itu sendiri sehingga hal tersebut menjadi kekuatan dari budaya sekolah itu sendiri dan dampaknya pada kinerja guru sendiri. Tujuan penelitian ini ialah 1) mengetahui tingkat servant leadership kepala sekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri se-Kota Malang 2) mengetahui tingkat kondisi perilaku organisasi yang ada di SMA Negeri se-Kota Malang 3) mengetahui tingkat kinerja guru SMA Negeri se-Kota Malang 4) mengetahui hubungan servant leadership dan kinerja guru SMA Negeri se-Kota Malang 5) mengetahui hubungan perilaku organisasi sekolah dan kinerja guru SMA Negeri se-Kota Malang dan 6) mengetahui hubungan servant leadership perilaku organisasi dan kinerja guru SMA Negeri se-Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif dan regressi ganda. Populasi penelitian ini ialah guru SMA Negeri se-Kota Malang sebanyak 553 guru. Sampel penelitian ini sebanyak 183 menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif analisis korelasi Product Moment Pearson dan analisis regresi linier. Kesimpulan dari hasil penelitian ini antara lain 1) tingkat pelaksanaan servant leadership kepala sekolah di SMA Negeri se-Kota Malang tergolong dalam kategori sedang 2) tingkat kondisi perilaku organisasi di SMA Negeri seKota Malang tergolong dalam kategori sedang 3) tingkat kinerja guru di SMA Negeri se-Kota Malang tergolong dalam kategori sedang 4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara servant leadership terhadap kinerja guru di SMA Negeri se-Kota Malang 5) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku organisasi terhadap kinerja guru di SMA Negeri se-Kota Malang 6) secara simultan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara servant leadership perilaku organisasi dan kinerja guru di SMA Negeri se-Kota Malang. Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini maka rekomendasi atau saran ditujukan kepada 1) kepala dinas pendidikan sebaiknya lebih meningkatkan kualitas pimpinan sekolah terutama pada penerapan servant leadership untuk menjalin hubungan yang lebih dekat antara pimpinan dan bawahan. Kepala dinas pendidikan sebaiknya juga memberikan pengarahan dalam rangka menciptakan kebiasaan-kebiasan yang baik sehingga mampu mendukung jalannya penyelenggaraan pendidikan di setiap sekolah 2) kepala sekolah sebaiknya lebih mendalami apa itu gaya kepemimpinan servant leadership. Selain itu kepala sekolah juga membuat program-program budaya di sekolah yang positif dan menunjang kegiatan belajar mengajar 3) sebaiknya guru lebih giat dalam melakukan tugas-tugasnya dengan cara mengikuti kegiatan pelatihan yang diadakan oleh dinas pendidikan atau pihak lainnya 4) jurusan Administrasi Pendidikan sebaiknya lebih mengkaji lagi terkait pentingnya pelaksanaan servant leadership mengingat gaya kepemimpinan ini masih jarang untuk dilakukan pengkajian dan 5) peneliti lain dapat melakukan penelitian dengan tema yang sama namun dari latar belakang yang berbeda untuk melihat sudut pandang yang berbeda dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193181

Actions (login required)

View Item View Item