Kepemimpinan efektif dalam penguatan pendidikan karakter di SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong / Carlina Sukma Ayu Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan efektif dalam penguatan pendidikan karakter di SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong / Carlina Sukma Ayu Kurniawan

Kurniawan, Carlina Sukma Ayu (2020) Kepemimpinan efektif dalam penguatan pendidikan karakter di SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong / Carlina Sukma Ayu Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepemimpinan merupakan kunci keberhasilan dalam mengembangkan sekolah. Salah satu kepemimpinan kepala sekolah yaitu kepemimpinan yang efektif dalam mewujudkan visi yang dimiliki. Kepemimpinan efektif merupakan pengaruh yang dilakukan oleh pemimpin dari kegiatan organisasi dan karakter pemimpin untuk mencapai tujuan secara efektif. Kepemimpinan kepala sekolah dikatakan efektif jika kepala sekolah memiliki visi atau cita-cita yang kuat untuk mencapainya terutama dalam kepela sekolah memiliki visi mengenai penguatan pendidikan karakter untuk menjadikan sekolah yang berkarakter. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan visi kepala sekolah mengenai penguatan pendidikan karakter di SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong (2) mendeskripsikan cara penyamaan pandangan visi kepala sekolah dengan guru dalam penguatan pendidikan karakter di SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong (3) mendeskripsikan implementasi program penguatan pendidikan karakter di SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong (4) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penguatan pendidikan karakter di di SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong (5) mendeskripsikan solusi mengatasi faktor penghambat dalam penguatan pendidikan karakter di di SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini yakni kepala sekolah dan wakil kepala sekolah. Peneliti merupakan instrument dalam penelitian ini. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Dengan informasi-informasi yang diperoleh saat melakukan penelitian di lapangan maka dapat diketahui tentang kepemimpinan yang efektif dalam penguatan pendidikan karakter. Untuk menjaga keabsahan data peneliti melakukan trianggulasi pengecekan anggota dan meningkatan ketekunan. Kegiatan analisis data yang merupakan tahapan pengolahan data yang telah diperoleh saat melakukan penelitian yang bertujuan untuk memperoleh pemahaman hasil temuan dan dapat disampaikan kepada orang lain yang kemudian diolah melalui tahap pengumpulan data kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut (1) visi penguatan pendidikan karakter diwujudkan dengan adanya keterkaitan visi kepala sekolah yakni dengan menerapkan aspek religius aspek disiplin meyesuaikan dengan kondisi sekolah dan memiliki pandangan kepemimpinan yang efektif guna mencapai visi terbuka dan memiliki komitmen untuk melaksanakan dan mencapai visi penguatan pendidikan karakter (2) penyamaan pandangan visi penguatan pendidikan karakter dengan guru dilakukan oleh kepala sekolah melalui teknik penyamaan yakni dengan melibatkan warga sekolah melakukan pelatihan dan diskusi waktu penyamaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan guru melalui kegiatan pembelajaran peran guru dan dukungan guru dan orang tua (3) implementasi program penguatan pendidikan karakter yang dilakukan oleh kepala sekolah melalui berkeja sama dengan stakeholder dan proses pelaksanaan penguatan pendidikan karakter yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran kegiatan sekolah pembiasaan kepada peserta didik dan menumbuhkan kesadaran warga sekolah dalam melaksanakan penguatan pendidikan karakter (4) faktor pendukung kepemimpinan yang efektif dalam penguatan pendidikan karakter yakni adanya dukungan failitas dukungan pencapaian prestasi dan kemampuan guru dalam melaksanakan penguatan pendidikan karakter. Kemudian faktor penghambatnya yakni berasal dari peserta didik orang tua dan keadaan sekolah (5) solusi untuk mengatasi faktor penghambat yakni dengan teknik penyelesaian melakukan koordinasi memanfaatkan stakeholder dan melibatkan orang tua untuk mempertahankan teknik penyelesaian tersebut dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh sekolah melalui penegakan kedisiplinan kegiatan keagamaan dan pemberian contoh kepada peserta didik. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan kepada (1) kepala sekolah SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong diharapkan kepemimpinan kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter ini dapat dipertahankan dan selalu memperbaiki pelaksanaan penguatan pendidikan karakter di sekolah dan melihat perkembangan karakter pada remaja masa kini sehingga pendidikan karakter yang dilaksanakan di sekolah dapat sesuai dengan kondisi yang ada di sekolah dan lingkungan masyarakat sekitar (2) guru dan staf SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong diharapkan dapat terus menembangkan dan meningkatkan kemampuannya sehingga dapat memaksimalkan penguatan pendidikan karakter yang dilaksanakan di sekolah (3) peserta didik SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong diharapkan dapat mempertahankan nilai-nilai karakter yang telah diajarkan di sekolah dan menjadikannya sebagai kebiasaan dalam kegiatan sehari-hari baik di sekolah maupun lingkungan masyarakat (4) mahasiwa jurusan Administrasi Pendidikan disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu referensi tema penelitian bagi mahasiswa jurusan administrasi pendidikan yang berkaitan dengan kepemimpinan yang efektif dalam penguatan pendidikan karakter (5) peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi kajian masukan dan pertimbangan bagi peneliti lain sebagai acuan menyusun skripsi atau kaya tulis lain serta untuk melanjutkan penelitian yang belum tergali tentang kepemimpinan yang efektif dalam penguatan pendidikan karakter dengan fokus atau topik penelitian yang berbeda dengan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193166

Actions (login required)

View Item View Item