Walisaningsih, Putri (2020) Hubungan kepemimpinan spiritual dan iklim sekolah dengan motivasi kerja guru di SMPN Kabupaten Trenggalek / Putri Walisaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kepemimpinan spiritual dapat mempengaruhi produktivitas kerja dan iklim kerja yang dijelaskan dengan adanya pengaruh pada tingkat kesuksesan suatu lembaga atau organisasi. Selain itu motivasi kerja guru juga mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas suatu sekolah. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu mengetahui berapa tingkat kepemimpinan spiritual tingkat kondusif iklim sekolah dan tingkat motivasi kerja guru. Selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui adanya hubungan kepemimpinan spiritual dengan motivasi kerja guru iklim sekolah dengan motivasi kerja guru serta kepemimpinan spiritual dan iklim sekolah dengan motivasi kerja guru di SMPN Kabupaten Trenggalek. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deksriptif korelasional. Pada saat pengambilan data penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah guru SMPN Kabupaten Trenggalek. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu tingkat kepemimpinan spiritual berada pada kategori tinggi sedangkan tingkat iklim sekolah berada pada kategori tinggi dan tingkat motivasi kerja guru berada pada sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara variabel kepemimpinan spiritual dan iklim sekolah dengan motivasi kerja guru SMPN Kabupaten Trenggalek. Berdasarkan kesimpulan atas maka peneliti memberikan saran pada dinas pendidikan untuk mensejahterakan guru melalui apresiasi atau penghargaan yang diberikan atas kinerja yang sudah dilakukan bagi kepala SMPN Kabupaten Trenggalek sebagai masukan untuk melakukan tindakan dalam mengembangkan potensi yang dimiliki masing-masing guru melalui pelatihan yang diberikan atau seminar yang akan diadakan bagi guru disarankan menjadikan penelitian ini sebagai bahan evaluasi diri untuk mengembangkan potensi maupun kecakapan diri dalam bekerja jauh lebih baik dari sebelumnya bagi jurusan Administrasi Pendidikan sebaiknya mengadakan kerjasama dengan dinas pendidikan setempat untuk mengadakan pelatihan terutama bagi guru yang mempunyai permasalahan dalam pekerjaannya dan bagi peneliti lain disarankan dapat mengkaji kembali penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian lainnya atau tempat penelitian yang berbeda sehingga dapat menambah referensi bacaan dan mengetahui perkembangan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/193159 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |