Manajemen kurikulum berbasis karya mandiri dalam membangun kreativitas anak didik (studi kasus di TKIT Al-Ma'un Kabupaten Malang) / Ina Suryanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kurikulum berbasis karya mandiri dalam membangun kreativitas anak didik (studi kasus di TKIT Al-Ma'un Kabupaten Malang) / Ina Suryanti

Suryanti, Ina (2020) Manajemen kurikulum berbasis karya mandiri dalam membangun kreativitas anak didik (studi kasus di TKIT Al-Ma'un Kabupaten Malang) / Ina Suryanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manajemen kurikulum merupakan kunci dari pelaksanaan proses kegiatan pada suatu sekolah. Sesuai dengan perkembangan zaman maka kurikulum juga harus mampu memenuhi kebutuhan dari anak didik. Usaha dalam menciptakan generasi yang kreatif tidak cukup dengan memberikan fasilitas berupa akademik saja tetapi juga skill berupa keterampilan-keterampilan tangan yang dapat menghasilkan suatu karya nyata. Untuk itu segala rancangan kegiatan dapat buat dalam rancangan kurikulum sekolah. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan kurikulum berbasis karya mandiri mendeskripsiskan pengorganisasian kurikulum berbasis karya mandiri mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum mendeskripsikan proses evaluasi dan mengetahui gambaran karya mandiri hasil kreativitas peserta didik.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena yang terjadi dalam subjek penelitian yang berupa kegiatan yang dilaksanakan. Jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah studi kasus yang artinya kasus yang telah dipilih mempunyai keunikan yang belum dimiliki oleh situs atau kasus dari sekolah lain oleh karenanya peneliti mengamati kasus secara intensif dan kemudian mendeskripsikanya. Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan tekniktriangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber triangulasi teknik dan pengecekan anggota atau membercheck. Kegiatan analisis data dimulai dari display penyajian mereduksi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan didapat kesimpulan hasil penelitian yang meliputi 1) karakteristik yang dimiliki anak usia dini diantaranya yaitu unik 2) karya mandiri hasil kreativitas anak didik meliputi karya dua dimensi tiga dimensi dan karya tangan lain yang mengarah pada lifeskill. Karya dua dimensi dapat berupa gambaran hiasan anyaman dan kolase. Sedangkan karya tiga dimensi dapat berupa mainan hiasan barang buku. Selain itu anak didik juga diberikan pembelajaran mengenai memasak ataupun belajar berwirausaha. 3) perencanaan kurikulum dilaksanakan setiap satu tahun sekali atau sebelum masuk ajaran baru. Kegiatan dalam perencanaan kurikulum dilaksanakan dengan menyusun atau mengevaluasi program tahunan dan program semesteran menyusun rancangan kegiatan pembelajaran menyusun kalender dan jadwal belajar. a) penyusunan program tahunan dan penyusunan program semesteran. Dalam program tahunan dan semesteran terdapat kesepakatan dalam menentukan alokasi waktu mengambil tema dan uraian kegiatan salama satu tahun dalam program tahunan pengambilan sub tema pada program semesteran hingga keterangan guru yang bersangkutan. b) penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terbagi menjadi dua yaitu Rencana Program Pembelajaran Mingguan(RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPPH). RPPM dan RPPH disusun oleh masing-masing ibu guru dengan mengacu pada program tahunan dan program semesteran. c) penyusunan kalender pendidikan dan jadwal belajar kalender pendidikan mengacu pada kalender akademik dinas pendidikan sedangkan jadwal belajar TKIT al-Ma rsquo un mempunyai dua jadwal belajar yaitu jadwal belajar secara umum selama satu minggu dan juga jadwal moving sentra selama satu minggu. 4) pembagian beban mengajar guru pembagian beban mengajar dilaksanakan secara kekeluargaan dengan keputusan dari kepala sekolah. Hasil yang diperoleh dalam pembagian beban mengajar guru yaitu setiap guru mempunyai beban 24 jam yang terbagi dalam tugas utama dan tugas tambahan. Dalam tugas utama sebagai pengajar terbagi menjadi dua yaitu sebagai guru kelas dan guru sentra yang mengajar karya mandiri. 5) Pelaksanaan kurikulum pembelajaran karya mandiri dilaksanakan disetiap sentra. Pembelajaran karya mandiri dilaksanakan dengan anak didik membuat suatu karya nyata dari hasil tangan mereka sendiri. Karya yang dibuat sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan pada RPPM dan RPPH. Pembelajaran karya mandiri dilaksanakan dalam tiga tahapan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru yaitu pembuka inti dan penutup. 6) Evaluasi kurikulum proses penilaian hasil karya mandiri dilaksanakan setiap hari pada buku penghubung. Selanjutnya guru merekap nilai tersebut pada nilai mingguna dan semesteran. Bentuk penilaian hasil karya yang tercantum dalam buku penghubung menggunakan empat skala yaitu BSB BSH MB dan BB. Teknik pelaporan menggunakan dua teknik yaitu fortofolio dan laporan setiap semester (rapor) Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan beberapa hal untuk pihak yang terkait dengan manajemen kurikulum berbasis karya mandiri yaitu bagi a) Yayasan Ash-Showah sebaiknya yayasan lebih memberikan dukungan dan perhatian dalam pelaksanaan pembelajaran karya mandiri yang sangat berguna bagi perkembangan anak usia dini. b) Kepala Sekolah TKIT Al-Ma rsquo un Dau Kabupaten Malang sebaiknya kepala sekolah mempunyai program lainya yang dapat meningkatkan kreativitas anak didik. c) Tenaga Pendidik dan Kependidikan TKIT Al-Ma rsquo un Dau Kabupaten Malang hendaknya lebih meningkatkan kreativitasnya baik dalam pemilihan kegiatan karya mandiri yang diberikan kepada peserta didik agar selalu bervariatif. d) Komite/Wali Murid hendaknya orang tua juga lebih meningkatkan kreativitas anaknya dengan aktif serta dalam membimbing anak dirumah. e) Bagi Peneliti Selanjutnya alangkah baiknya agar menggali lebih dalam mengenai proses penyusunan kalender pendidikan dan jadwal belajar disekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193156

Actions (login required)

View Item View Item