Strategi kepala madrasah aliyah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis religius: studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Batu / Rima Rahma Zen - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi kepala madrasah aliyah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis religius: studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Batu / Rima Rahma Zen

Zen, Rima Rahma (2020) Strategi kepala madrasah aliyah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis religius: studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Batu / Rima Rahma Zen. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan dalam lembaga satuan pendidikan bertujuan untuk mewadahi peserta didik dalam mengembangkan bakat serta potensinya melalui proses belajar mengajar di sekolah. Potensi yang dapat dikembangkan tersebut antara lain meliputi spiritual keagamaan serta berakhlak mulia. Hal ini juga berkaitan dengan pentingnya membangun karakter religius peserta didik agar dapat menjadi manusia yang berakhlak mulia. Penanaman karakter religius di sekolah akan sangat berpengaruh kepada peserta didik di sinilah peran penting kepala sekolah karena pendidikan di sekolah memiliki peran yang penting dalam membentuk pondasi penanaman karakter yang positif pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan mengenai program - program keagamaan di madrasah (2) mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui program-program keagamaan di madrasah (3) mendeskripsikan mengenai ketaatan peserta didik dalam menjalankan program keagamaan sekaligus langkah madrasah untuk membentuk karakter dan (4) mendeskripsikan mengenai indikator-indikator nilai karakter yang terbentuk dari pelaksanaan program-program keagamaan di madrasah. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif dan teknik yang digunakan peneliti yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Batu dan dalam penelitian ini peneliti memperoleh informasi yang mendukung dari 10 informan yang terdiri dari kepala madrasah wakil kepala madrasah bagian kesiswaan wakil kepala madrasah bagian humas wakil kepala madrasah bagian kurikulum koordinator program BTQ pembina tahfiz (hafalan juz 30) pembina ekstrakurikuler kaligrafi orangtua peserta didik peserta didik dan warga lingkungan madrasah. Kegiatan analisis data dilakukan dengan pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan menggunakan tahap pengecekan melalui triangulasi pengecekan anggota dan kecukupan bahan referensi. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut (1) Program - program keagamaan di MAN Kota Batu yaitu program-program keagamaan yang dikembangkan didasarkan pada visi dan misi madrasah program keagamaan diterapkan dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler program keagamaan yang tersusun dalam kegiatan intrakurikuler berupa kegiatan pembiasaan program keagamaan dalam kegiatan ekstrakurikuler bersifat wajib dan pilihan dan program keagamaan dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler bertujuan untuk membangun karakter religius peserta didik (2) Implementasi pendidikan karakter religius di madrasah yaitu Kepala madrasah membuat perencanaan program dengan melakukan evaluasi dari program terdahulu serta bekerja sama dengan komite dan orangtua peserta didik kepala madrasah memiliki strategi dalam pelaksanaan penanaman pendidikan karakter melalui (a) kegiatan pembelajaran (b) kegiatan rutin (pembiasaan) (c) program keagamaan (ekstrakurikuler) (d) fasilitas dan lingkungan yang mendukung (3) Ketaatan peserta didik dalam menjalankan program keagamaan sekaligus langkah madrasah untuk membentuk karakter yaitu peserta didik taat menjalankan program intrakurikuler ekstrakurikuler wajib dan pilihan madrasah membangun karakter religius melalui program keagamaan yang secara tidak langsung menjadi program pembiasaan madrasah memberi sanksi peserta didik jika tidak melaksanakan dan apresiasi jika melaksanakan program kepala madrasah memantau peserta didik melalui pendekatan wali kelas guru agama dan koordinator program peserta didik diberi pujian ketika mentaati peraturan yang berlaku di rumah dan mendapat teguran jika tidak melaksanakan peserta didik menaati peraturan yang berlaku di masyarakat lingkungan madrasah dan ditegur jika tidak menaati (4) Indikator nilai karakter yang terbentuk dari pelaksanaan program-program keagamaan di MAN Kota Batu yaitu tawaduk dengan guru (pembiasaan bersalaman ketika bertemu guru sesuai jenis kelamin memberi salam ketika bertemu guru hormat kepada warga madrasah) Istiqomah dalam beribadah (berdo rsquo a dan membaca juz 30 pada pagi hari melaksanakan proses pembelajaran melalui mata pelajaran agama fiqih dll melaksanakan salat berjama rsquo ah) Istiqomah dalam melaksanakan program (mengikuti ekstrakurikuler wajib BTQ hafalan juz 30 dan taat dalam menjalankan peraturan) menumbuhkan rasa bertanggung jawab (taat dalam menjalankan peraturan dan program yang berlaku) dan cinta ilmu (menambah ilmu/ wawasan yang diperoleh untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan untuk kepala madrasah agar pelaksanaan pendidikan karakter melalui program-program keagamaan yang diterapkan di MAN Kota Batu ini terus dikembangkan ke depannya dan memunculkan program baru yang dapat mengembangkan karakter peserta didik. Kemudian juga perlunya meningkatkan dan memaksimalkan kerja sama antara kepala madrasah dengan guru orang tua dan masyarakat dalam mengembangkan program keagamaan di madrasah agar berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193155

Actions (login required)

View Item View Item