Hubungan antara pembelajaran daring dengan minat belajar siswa pada masa pandemi di smkn 5 kota malang / Deva Eriyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pembelajaran daring dengan minat belajar siswa pada masa pandemi di smkn 5 kota malang / Deva Eriyani

Eriyani, Deva Eriyani (2021) Hubungan antara pembelajaran daring dengan minat belajar siswa pada masa pandemi di smkn 5 kota malang / Deva Eriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran merupakan proses mengatur dan mengorganisasi lingkungan yang ada disekitar siswa sehingga dapat menumbuhkan dan mendorong siswa melakukan proses belajar. Pembelajaran dapat dipandang sebagai proses interaksi yang dapat berlangsung dari lingkungan belajar. Minat belajar menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam keberhasilan yang harus dimiliki siswa karena minat muncul berawal dari diri siswa itu sendiri. Faktor dari luar belajar yaitu bagaimana cara guru tersebut mengajar. Peran guru dalam kegiatan belajar memberikan semangat cara mengajar yang menyenangkan dan memberikan motivasi yang membangun agar siswa menumbuhkan minat. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat pembelajaran daring di SMKN 5 Kota Malang (2) mengetahui tingkat minat belajar siswa pada masa pandemi di SMKN 5 Kota Malang (3) mengetahui hubungan antara pembelajaran daring dengan minat belajar siswa pada masa pandemi di SMKN 5 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasi. Untuk pengambilan datanya menggunakan kuesioner berupa google form dengan responden siswa di SMKN 5 Kota Malang sebanyak 173 siswa kemudian diambil sampel dengan rumus solvin diperoleh meliputi analisis dekriptif dan uji hipotesis dengan menggunakan Product Moment Pearson dan juga menggunakan regresi sederhana dengan menggunankan Stastitical Package for Social Science for windows versi 16.0. Simpulan diperoleh dalam penelitian ini yaitu tingkat pembelajaran daring di SMKN 5 Kota Malang masih tergolong cukup efektif. Dan untuk tingkat minat belajar di SMKN 5 Kota Malang masih tergolong cukup. Terdapat hubungan yang positif antara pembelajaran daring dengan minat belajar siswa di masa pandemi di SMKN 5 Kota Malang. Berdasarkan simpulan penelitian dapat disarankan kepada (1) bagi kepala sekolah diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dan memberikan konsep pembelajaran daring yang menaril untuk dilaksanakan di sekolah (2) bagi guru sekolah diharapkan dapat menerapkan strategi model dan metode pembelajaran yang tepat (3) bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan minat belajar mengembangkan dan memahami materi pembelajaran (4) bagi penelitian lain diharapkan penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi dan masukan sehingga dikembangkan peneliti lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193148

Actions (login required)

View Item View Item