Peran warga sekolah dan stakeholders dalam mewujudkan perpustakaan unggul melalui akreditasi perpustakaan sekolah nasional di SMP Negeri 9 Malang / Risa Oktavianingrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran warga sekolah dan stakeholders dalam mewujudkan perpustakaan unggul melalui akreditasi perpustakaan sekolah nasional di SMP Negeri 9 Malang / Risa Oktavianingrum

Oktavianingrum, Risa (2021) Peran warga sekolah dan stakeholders dalam mewujudkan perpustakaan unggul melalui akreditasi perpustakaan sekolah nasional di SMP Negeri 9 Malang / Risa Oktavianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Oktavianingrum Risa. 2021. Peran Warga Sekolah dan Stakeholders dalam Mewujudkan Perpustakaan Unggul Melalui Akreditasi Perpustakaan Sekolah Nasional di SMP Negeri 9 Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Maisyaroh M.Pd. (II) Dr. Sunarni S.Pd. M.Pd. Kata kunci akreditasi perpustakaan peran warga sekolah peran stakeholders. Perpustakaan ialah institusi pengelola koleksi baik cetak maupun rekam dengan sistem tertentu dan mempunyai fungsi bagi pemenuhan kebutuhan pemustaka. Perpustakaan sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang jasa informasi memberikan layanan harus berorientasi kepada pemenuhan kebutuhan pengguna. Banyak perpustakaan sekolah yang masih belum sesuai dengan standar nasional. Salah satu solusi yang digunakan oleh perpustakaan ialah dengan cara mengikuti akreditasi perpustakaan nasional. Akreditasi perpustakaan sekolah merupakan kegiatan untuk menilai kualitas sebuah perpustakaan sekolah yang dilaksanakan oleh lembaga berwenang dengan menggunakan kreteria tertentu. Fokus penelitian meliputi (1) keunggulan perpustakaan SMP (2) peran kepala sekolah dalam mewujudkan perpustakaan unggul melalui akreditasi perpustakaan sekolah di SMP Negeri 9 Malang (3) peran kepala perpustakaan dalam mewujudkan perpustakaan unggul melalui akreditasi perpustakaan sekolah di SMP Negeri 9 Malang (4) peran tenaga perpustakaan dalam mewujudkan perpustakaan unggul melalui akreditasi perpustakaan sekolah di SMP Negeri 9 Malang (5) peran guru dalam mewujudkan perpustakaan unggul melalui akreditasi perpustakaan sekolah di SMP Negeri 9 Malang (6) peran siswa dalam mewujudkan perpustakaan unggul melalui akreditasi perpustakaan sekolah di SMP Negeri 9 Malang dan (7) peran stakeholders dalam mewujudkan perpustakaan unggul melalui akreditasi perpustakaan sekolah di SMP Negeri 9 Malang. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif karena bertujuan untuk mengetahui suatu kejadian atau fenomena secara mendalam terhadap objek penelitian yaitu peran warga sekolah dan stakeholders dalam mewujudkan perpustakaan unggul yang hasil penelitian diolah dalam bentuk kata dan bahasa peneliti sendiri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus karena akan mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam tentang peran warga sekolah dan stakeholders dalam mewujudkan perpustakaan unggul melalui akreditasi perpustakaan nasional. Keabsahan diuji dengan (1) triangulasi (2) kecukupan bahan referensi dan (3) pengecekan anggota. Temuan penelitian ini meliputi (1) keunggulan perpustakaan SMP dikatakan unggul karena sesuai dengan Peraturan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2018 tentang instrumen akreditasi perpustakaan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah dari segi komponen koleksi sarana dan prasarama layanan tenaga perpustakaan penyelenggaraan dan pengelolaan dan komponen penguat dinyatakan dengan predikat Terakreditasi A dan menjadi perpustakaan SMP Negeri di Kota Malang yang telah menyandang predikat tersebut menjadi satu-satunya yang sampai saat ini menjalankan perpustakaan keliling (2) peran kepala sekolah dalam mewujudkan perpustakaan unggul melalui akreditasi perpustakaan dikelompokkan sebagai pendidik manajer administrator supervisor leader inovator dan motivator (3) peran kepala perpustakaan dalam mewujudkan perpustakaan unggul melalui akreditasi perpustakaan sekolah sesuai dengan kompetensi manajerial pengelolaan informasi kependidikan kepribadian sosial dan pengembangan profesi seorang kepala perpustakaan (4) peran tenaga perpustakaan dalam mewujudkan perpustakaan unggul melalui akreditasi perpustakaan sekolah dikelompokkan berdasarkan kompetensi manajerial pengelolaan informasi kependidikan kepribadian sosial dan pengembangan profesi (5) peran guru dalam mewujudkan perpustakaan unggul melalui akreditasi perpustakaan sekolah menjalin kolaborasi dengan perpustakaan dalam upaya peningkatan minat siswa dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai salah satu sumber belajar (6) peran siswa dalam mewujudkan perpustakaan unggul melalui akreditasi perpustakaan sekolah ialah sebagai pemustaka yang memanfaatkan keberadaan perpustakaan dalam upaya peningkatan literasi informasi yang menunjang kualitas output dan pendidikan dan (7) peran stakeholders dalam mewujudkan perpustakaan unggul melalui akreditasi perpustakaan sekolah ialah sebagai informan pendukung baik materiil maupun non materiil dengan tujuan meningkatkan kualitas perpustakaan. Berdasarkan temuan penelitian dapat disarankan bagi (1) kepala SMP Negeri 9 Malang diharapkan dapat mempertahankan predikat perpustakaan Terakreditasi A (2) kepala perpustakaan SMP Negeri 9 Malang diharapkan lebih mengoptimalkan dan meningkatkan kompetensinya dalam mengelola perpustakaan (3) tenaga perpustakaan SMP Negeri 9 Malang diharapkan lebih meningkatkan pelayanan kepada pemustaka dan lebih banyak menjalin kerjasama dengan pihak internal maupun pihak ekstrenal (4) guru SMP Negeri 9 Malang diharapkan lebih banyak menjalin kolaborasi dalam upaya peningkatan motivasi siswa dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah (5) siswa SMP Negeri 9 Malang diharapkan lebih meningkatkan motivasi dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah dalam upaya pengembangan wawasan dan literasi informasi dan (6) stakeholders perpustakaan SMP Negeri 9 Malang diharapkan lebih banyak menjalin komunikasi dan membentuk inovasi maupun ide-ide baru untuk mengembangkan pendidikan melalui perbaikan kualitas perpustakaan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193134

Actions (login required)

View Item View Item