Manajemen kemitraan madrasah aliyah dengan balai latihan kerja dalam program keterampilan (studi kasus di MA Ma'arif Udanawu Blitar / Siti Munirotul Yuanita - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kemitraan madrasah aliyah dengan balai latihan kerja dalam program keterampilan (studi kasus di MA Ma'arif Udanawu Blitar / Siti Munirotul Yuanita

Yuanita, Siti Munirotul (2020) Manajemen kemitraan madrasah aliyah dengan balai latihan kerja dalam program keterampilan (studi kasus di MA Ma'arif Udanawu Blitar / Siti Munirotul Yuanita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yuanita Siti Munirotul. 2020. Manajemen Kemitraan Madrasah Aliyah dengan Balai Latihan Kerja dalam Program Keterampilan (Studi Kasus di MA Ma rsquo arif Udanawu Blitar). Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. A. Supriyanto M.Pd. M.Si. (II) Dr. Mustiningsih M.Pd. Manajemen kemitraan MA Ma rsquo arif Udanawu dengan Balai Latihan Kerja (BLK) dalam program keterampilan meliputi kegiatan perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan pengawasan. Program keterampilan MA Ma rsquo arif Udanawu yang bermitra dengan BLK diadakan dengan tujuan meningkatkan keterampilan peserta didik agar siap kerja dan berwirausaha serta tersertifikasi. Fokus penelitian ini adalah (1) latar belakang kemitraan dan pelaksanaan program keterampilan MA Ma rsquo arif Udanawu dengan BLK (2) proses manajemen kemitraan dalam program keterampilan (perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan pengawasan) (3) masalah dan solusi dalam kemitraan MA Ma rsquo arif Udanawu dengan BLK dan (4) keuntungan kemitraan MA Ma rsquo arif Udanawu dengan BLK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus untuk memahami secara utuh dan mendalam manajemen kemitraan MA dengan BLK dalam program keterampilan. Analisis data ini dilakukan dengan serangkaian proses pengumpulan kondensasi penyajian dan verifikasi data. Setelah diperolehnya data penelitian dilakukan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi pengecekan anggota dan kecukupan bahan referensi. Simpulan penelitian ini menunjukkan (1) latar belakang kemitraan MA dengan BLK didasari oleh kurangnya kesadaran dan pengetahuan keterampilan guru MA belum tersedia tenaga pengajar mempermudah pelaksanaan dan mendapat sertifikat kerja dan meningkatkan kompetensi peserta didik. Latar belakang pelaksanaan program keterampilan terjadi karena ada tuntutan dan permintaan masyarakat menyiapkan lulusan siap kerja banyak alumni tidak lanjut ke perguruan tinggi dan desakan menjadi madrasah religius science and skill. dan pelaksanaan program keterampilan MA Ma rsquo arif Udanawu dengan BLK (2) proses manajemen kemitraan dalam program keterampilan untukperencanaan kemitraan MA dengan BLK dimulai dari penetapan tujuan pengumpulan data komunikasi kerja sama dan pengajuan proposal Memorandum of Understanding (MoU). Pengorganisasian yang dilakukan dengan membagi tanggung jawab dan kewajiban sesuai MoU dengan hubungan antara keduanya sejajar secara lembaga membagikan tugas wewenang dan tanggung jawab kepada guru dengan membentuk struktur organisasi program keterampilan serta koordinasi dari masing-masing pihak yang bersangkutan. Pelaksanaan dari kemitraan merupakan pelaksanaan dari MoU antara MA dengan BLK. Program keterampilan yang dilaksanakan menggunakan sistem moving class dengan model pelaksanaan keterampilan ldquo Intrakurikuler BLK Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Perusahaan rdquo . Pengawasan yang dilakukan yaitu dengan melakukan kegiatan pemantauan evaluasi kegiatan dan tindak lanjut melalui perbaikan (3) masalah kemitraan yang terjadi antara MA dengan BLK yaitu bentroknya jadwal kegiatan biaya uji kompetensi yang mahal dan wali peserta didik tidak mendukung uji kompetensi dengan BLK. Solusi pemecahannya yakni dengan berkompromi dengan BLK tidak mewajibkan uji kompetensi BLK bagi yang lanjut ke perguruan tinggi dan wajib bagi yang tidak lanjut dan madrasah tetap meluluskan peserta didik dan (4) keuntungan kemitraan antara MA dengan BLK yang didapat madrasah yaitumendapat sumbangan ide meningkatkan citra positif dan brand madrasah media promosi meningkatkan keterampilan peserta didik mendapat sertifikat dan guru keterampilan mendapat pelatihan dan diklat. Keuntungan yang didapat BLK yaitudapat menjalankan tugasnya sebagai lembaga pelatihan program dapat berjalan dan memperoleh dana. Saran teoritis yang diberikan peneliti terhadap (1) pengembangan keilmuan mata kuliah Manajemen Hubungan Masyarakat (Humas) yaitu agar peneliti selanjutnya meneliti lebih mendalam dan menyempurnakan penelitian mengenai aspek manajemen humas terutama pada manajemen kemitraan madrasah dengan BLK atau lembaga sertifikasi lainnya untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dan (2) pengembangan keilmuan mata kuliah manajemen belajar dan pembelajaran dapat meneliti lebih lanjut mengenai aspek pembelajaran pada program keterampilan di madrasah aliyah penyelenggara keterampilan. Secara praktis peneliti memberi saran kepada (1) Menag Kabupaten Blitar dan Provinsi Jawa Timur diharapkan dapat membentuk suatu lembaga yang digunakan madrasah untuk melaksanakan sertifikasi kepada peserta didik karena biaya sertifikasi yang tidak sedikit (2) Ketua Yayasan Ma rsquo arif diharapkan ikut andil dan ikut mendukung kemitraan MA Ma rsquo arif Udanawu dalam program keterampilan (3) Kepala MA Ma rsquo arif Udanawu dapat menjalin kemitraan yang lebih banyak sehingga program keterampilan yang ada di madrasah dapat berkembang menjadi lebih baik (4) guru MA Ma rsquo arif Udanawu diharapkan ikut berpartisipasi secara aktif dalam mendukung program keterampilan yang dilaksanakan di MA Ma rsquo arif Udanawu (5)Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan menjadi tambahan referensi dalam mengembangkan manajemen pendidikan khususnya manajemen kemitraan atau manajemen hubungan sekolah dengan masyarakat (6)peneliti lain diharapkan menindaklanjuti penelitian mengenai dampak atau outcomes dari hubungan kemitraan MA dengan BLK dalam program keterampilan yang belum tersampaikan dan (7) lembaga pendidikan lain dapat mengetahui tentang bagaimana cara untuk menjadi madrasah penyelenggara program keterampilan dan bagaimana memanajemen program keterampilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193131

Actions (login required)

View Item View Item